nusabali

Pencak Silat Bakal Tampil di PKB 2023

  • www.nusabali.com-pencak-silat-bakal-tampil-di-pkb-2023

MANGUPURA, NusaBali - Pencak Silat bakal tampil dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali saat memimpin langsung rapat koordinasi (rakor) di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Jumat (19/5).

Turut hadir dalam rapat tersebut Sekretaris IPSI Bali I Nyoman Yamadhiputra, ketua dan perwakilan IPSI masing-masing kabupaten/kota se-Bali serta ketua dan perwakilan masing-masing perguruan silat se-Bali.

Wabup Suiasa mengatakan, terkait ikutnya pencak silat dalam memeriahkan PKB, rencananya akan diikutkan 40 orang dari semua perguruan. Mengingat tampil di ajang PKB, Wabup Suiasa meminta supaya ada beberapa unsur-unsur yang ditonjolkan. Kalau dikaitkan dengan tradisi, tentunya segi geraknya memiliki tradisi Bali dari masing-masing perguruan.


“Dari unsur musiknya juga diperhatikan. Jadi musiknya menggunakan musik Bali, baik itu dengungnya, sulingnya, kemudian dari segi pakaian diusahakan nanti pakaian khas Bali. Berikutnya unsur ceritanya bisa dicontoh dari unsur cerita pewayangan,” kata Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa pun juga mengajak kepada pengurus untuk sama-sama berjuang ke pemerintah Provinsi Bali agar diberikan waktu bisa tampil dan berpartisipasi memeriahkan serta menyukseskan PKB. “Ini jadi momentum menyosialisasikan olahraga silat itu sendiri,” tegasnya.

Selain membahas persiapan tampil di PKB, rakor tersebut juga membahas tentang pembuatan video promosi Pencak Silat di setiap perguruan silat yang ada di Bali. 7 ind

Komentar