nusabali

Atlet Selam Pra PON Mulai Dikelompokkan Sesuai Jarak

  • www.nusabali.com-atlet-selam-pra-pon-mulai-dikelompokkan-sesuai-jarak

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali mulai mengelompokkan atlet Pra PON berdasarkan jarak atlet saat latihan di Kolam Renang Tirta Harum Blahkiuh, Badung. Yakni, sesuai jarak pendek, dekat, menengah, dan jarak jauh atau panjang.

Hal itu dilakukan agar tipikal dan karakter para atlet se;am tepat sesuai kemampuan atlet selam itu sendiri. Sedangkan menjelang Pra PON, latihan akan terpusat seminggu sekali, dan selebihnya dikembalikan ke Pengkab asal atlet. 

Menurut Ketum Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya, Senin (15/5), latihan terpusat persiapan Pra PON dipimpin langsung Binpres Pengprov POSSI Bali bersama Bidang teknik dan Bidang pelatihan Pengprov POSSI Bali. Tim pelatih daerah terdiri dari Fatchur Rizal (Binpres), I Made Karyana (teknik) dan Ayu Sri Mahasari (pelatihan).

Ketiga pengurus POSSI Bali tersebut, yakin para atlet mampu mencapai waktu maksimal saat Pra PON nanti. Pra PON sendiri dihelat pada 16 - 23 Juli 2023 di Kolam Renang Aquatik Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Menurut Bagus Partha Wijaya, latihan tahap awal lebih mengarah pada potensi dasar atlet. Yakni, apakah atlet bertipe jarak pendek/dekat, jarak menengah, atau jarak panjang/jauh. Selain itu juga untuk tahu endurance atau ketahanan, karakter dan mental atlet, sehingga dari potensi awal akan dievaluasi untuk memfokuskan materi latihan lanjutan. 

"Kami ingin agar atlet sesuai karakter dan kemampuannya. Sehingga pas intuk jarak yang diikuti, apakah 50 meter, 100 meter, dan seterusnya. Makanya kita kelompokkan sesuai potensi mereka," tegas Bagus Partha, yang juga Hakim Militer itu. 

Pria asal Bandem Karangasem itu mengatakan, latihan terpusat dilakukan setiap seminggu sekali sampai pelaksanaan Pra PON. Sedangkan latihan rutin tiap hari di masing-masing Pengkab sesuai asal atlet, dengan materi latihan dari Pengprov POSSI Bali. 

Bagus Partha berharap latihan fokus pada kekurangan atlet dan menyempurnakannya. Kemampuan saat ini dinilai sudah cukup untuk meraih tiket PON, sedangkan pencapaian meraih medali butuh waktu persiapan lebih satu tahun. 

Saat ini sebanyak 18 atlet selam diproyeksikan mewakili Bali dalam kualifikasi PON. Meski mengantongi tim bayangan, POSSI Bali konsisten menerapkan sistem promosi dan degradasi. Sebab 8 atlet putri dan 10 atlet putra ini belum final. 

"Kemungkinan ada penambahan dan pengurangan atau pergantian itu bisa saja dilakukan sebelum pendaftaran resmi pada 20 Juni 2023," tandas Bagus Partha Wijaya. dek

Atlet Pra PON Cabor Selam
1. I Putu Sheva Marta Dewa (Gianyar)
2. I Dewa Nyoman Kusuma Adiarta (Gianyar) 
3. Putu Bagus Bismantara (Badung)
4. I Made Arya Suryantara (Badung)
5. I Gede Ardy Dharma Putra (Buleleng)
6. Putu Derico Carasya Putra Raharja (Gianyar)
7. Ida Bagus Made Dwija Natha (Badung) 
8. Ida Bagus Ngurah Sudiksa (Badung) 

Atlet Putri
1. Ni Putu Virna Berlliana (Gianyar) 
2. Ni Nyoman Bintang Windayani (Badung) 
3. Putu Widi Ananda Putri (Badung)
4. Gusti Ayu Putu Putri Artasari (Badung) 
5. Ni Made Nadya Safira (Gianyar)
6. Putu Grecia Wulan Kirani (Badung)
7. Kadek Permata Gading Pekerti (Gianyar) 
8. Luh Kade Dewi Rahayu (Buleleng) 
9. Ni Putu Kardi Sari Ningsih (Badung) 
10. Aprillia Angel Fransisca (Buleleng)

Komentar