nusabali

Sasana Budaya Bangli akan Dilengkapi Open Stage 1.000 Penonton

  • www.nusabali.com-sasana-budaya-bangli-akan-dilengkapi-open-stage-1000-penonton

BANGLI, NusaBali - Sasana Budaya Giri Kusuma Bangli akan direnovasi tahun 2023. Sasana budaya di Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli ini akan dilengkapi open stage (panggung terbuka) untuk menampung sekitar 1.000 penonton.

Anggaran miliaran rupiah disiapkan Pemkab Bangli untuk renovasi bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini.

Seperti diketahui, kondisi sasana budaya sudah sangat memprihatinkan. Bangunan ini rusak dan cukup lama terbengkalai. Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Perkim Bangli  I Komang Ariana menjelaskan sasana budaya akan ditata secara bertahap. Tahun ini, Pemkab Bangli menata bangunan itu dengan dana BKK Rp 4,9 miliiar.

Disebutkan, anggaran tersebut untuk pembangunan pojok plaza, perataan lahan, dan pembangunan struktur panggung terbuka (open stage). "Open stage ini berkapasitas 1.000 penonton. Dari anggaran yang tersedia, open stage ini baru sebatas pembanguan struktur, sedangkan  stage plaza  sampai  finising,” jelasnya, Rabu (3/5).

Lebih lanjut, kata Ariana, sesuai perencanaan nantinya sasana budaya ini juga akan dilengkapi panggung tertutup dengan daya tamping sekitar 300 penonton.  Kata dia, jika ada anggaran, tahun depan kegiatan fisik ini akan dilanjutkan untuk finising stage terbuka dan tertutup.

"Untuk pelaksanaan tahun ini, kami masih menunggu proses penghapusan bangunan yang masih berdiri. Penghapusan menjadi tanggung jawab pemilik asset. Jika proses penghapusan banguan sudah kelar, pihaknya segera mengajukan dokumen pelelangan ke Unit Pelayanan Pengadaan (ULP) Setda Bangli," ungkapnya.

Kabag Umum Setda Bangli I Gede Gusnindra mengatakan pembongkaran bangunan sasana budaya tersebut masih dalam proses mempersiapkan dokumen teknis. Dokuman ini sebagai bahan pertimbangan permohonan persetujuan penjualan ke KPKNL. Setelah itu  akan ada limit harga untuk bangunan tersebut. "Saat ini kami masih berproses. Nanti limit harga bangunan yang dihapus berdasarkan perhitungan dari KPKNL Singaraja," sebutnya. 7esa

Komentar