nusabali

4 Pohon Tumbang Hadang Kendaraan

  • www.nusabali.com-4-pohon-tumbang-hadang-kendaraan

AMLAPURA, NusaBali
Empat pohon di Karangasem tumbang hingga sempat menghadang arus kendaraan di jalan raya.

Guna membuka akses jalan, petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani pohon tersebut.  Salah satu pohon di Bukit Sanghyang Ambu, tumbang hingga sempat menutup jalan raya Amlapura – Denpasar, di Banjar Bugbug Kelod, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kamis (9/2) pukul 06.00 Wita. Pohon jenis Intaran itu dengan panjang 10 meter dan diameter 30 cm. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem I Putu Eka Tirtana yang kebetulan melintasi jalur itu, menemukan pohon tersebut. Dia langsung berkoordinasi ke Pos TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Karangasem.

Empat petugas datang ke lokasi dengan membawa 2 chainsaw (gergaji mesin). Petugas memotong dahan dan ranting pohon. Arus lalulintas Amlapura – Denpasar pun kembali normal.

Ada juga pohon Kelapa tumbang di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, Karangasem. Pohon dengan panjang 12 meter dan diameter 30 cm ini juga menimpa jalan Desa Ngis - Desa Sengkidu, Rabu (8/2) pukul 17.30 Wita. Keberadaan pohon yang melintang di jalan raya itu dilaporkan oleh Perbekel Ngis I Ketut Catur Mertayasa kepada petugas BPBD.

Bendesa Adat Pekarangan, Desa Ngis I Wayan Madia mengakui di desa ini memang rawan terjadi pohon kelapa tumbang. "Di sini banyak pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pinggir jalan, dari Desa Adat Pekarangan - Desa Selumbung," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa yang mengkoordinasikan empat anggota untuk pengananan pohon tumbang tersebut. "Syukurnya, saat kejadian tidak ada pengendara melintas sehingga terhindar dari korban jiwa," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Di jalur Banjar Pekarangan menuju Desa Ngis dan Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, jelas dia, banyak tumbuh pohon kelapa di pinggir jalan. Pohon kelapa ini rata-rata berusia tua dan rentan tumbang saat hujan lebat dan angin kencang.

Di bagian lain, Bambu serumpun tumbang di Banjar Rendang Kelod, Desa/Kecamatan Rendang. Petugas BPBD juga menangani bersama masyarakat dengan memotong batang bambu tersebut. Bambu ini roboh sekaligus mencabut akarnya sehingga petugas mesti memotong seluruh batang pohon bambu. Ada juga pohon Belalu tumbang di jalur Amlapura – Singaraja, tepatnya Banjar Kangkang, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Rabu (8/2) malam.

Sekdes Besakih, Kecamatan Rendang I Nyoman Artana melaporkan garase milik I Nengah Darmayasa di Banjar Besakih Kangin, roboh. Ada juga atap rumah milik I Nengah Rudi, Ni Nengah Rena dan Ni Nengah Lueng, di Banjar Manik Aji, Desa Ban, Kecamatan Kubu,  diterbangkan angin. *k16

Komentar