nusabali

Bali Incar sebagai Pembawa Baki

  • www.nusabali.com-bali-incar-sebagai-pembawa-baki

Terakhir perwakilan dari Bali jadi pembawa Baki Bendera Merah Putih pada tahun 2008 silam. Dia adalah Dewa Ayu Santi Wiranti Rendang yang saat itu merupakan siswi SMAN 3 Denpasar.

Seleksi Paskibraka Provinsi Dimulai


DENPASAR, NusaBali
Jelang perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, seleksi Paskibraka sudah mulai digelar di tingkat Provinsi Bali, Rabu (17/5). Sebanyak 90 orang yang terpilih mewakili masing-masing kabupaten/kota, diseleksi untuk memperebutkan dua tiket melaju menjadi Anggota Paskibraka Tingkat Nasional. Tahun ini, Bali berharap dapat kesempatan istimewa yakni sebagai pembawa Baki Bendera Merah Putih.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali, I Gede Ketut Seputera Aryadi, ditemui di sela-sela seleksi yang digelar di Lapangan Makorem 163/Wirasatya, Jalan PB Su¬dir¬man Denpasar, mengatakan, sebanyak 90 orang peserta akan menjalani seleksi selama 3 hari, mulai dari pengukuran tinggi dan badan, tes kesehatan, tes Peraturan Baris Berbaris (PBB), samapta jasmani, hingga tes psikotes, pengetahuan umum dan wawancara. Nantinya, dari tes tersebut akan diumumkan besok, Jumat (19/5).

"Sesuai instruksi pusat, nantinya dua orang terbaik akan dipilih untuk menjadi anggota paskibraka tingkat nasional. Sedangkan yang lain akan digunakan di tingkat provinsi pada 17 Agustus nanti," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk di tingkat provinsi dikerahkan sebanyak 70 orang anggota paskibraka. Itu artinya, dari 90 orang yang diseleksi selama 3 hari ini, akan ada sebanyak 18 orang yang tidak lolos. "Untuk yang tidak lolos sebagai paskibraka tingkat provinsi, maka mereka akan dikembalikan ke masing-masing daerah dengan menjadi paskibraka tingkat kabupaten," ujarnya.

Lebih lanjut, Aryadi berharap tahun ini anggota paskibraka dari Bali mendapat kesempatan istimewa. Kesempatan yang dimaksud adalah kembalinya paskibraka asal Pulau Dewata ditugaskan membawa Baki Bendera Merah Putih yang langsung diserahkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"Terakhir perwakilan dari Bali sempat jadi pembawa Baki tahun 2008 silam (Dewa Ayu Santi Wiranti Rendang yang saat itu merupakan siswi SMAN 3 Denpasar, red). Kami tentu berharap bisa dapat kesempatan luar biasa tersebut. Tapi, proses seleksi untuk itu memang ketat. Dari pesertanya memang harus berjuang keras. Kami mendorong dengan pemantapan di tingkat provinsi," katanya.

Setelah diumumkan Jumat besok, peserta paskibraka tingkat nasional akan mengikuti pendidikan selama kurang lebih satu setengah bulan di Jakarta. Sedangkan untuk peserta paskibraka tingkat provinsi akan digembleng selama 22 hari pada bulan Juli mendatang. *in

Komentar