nusabali

469 Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka 2024 Badung

  • www.nusabali.com-469-peserta-ikuti-seleksi-paskibraka-2024-badung

MANGUPURA, NusaBali.com - Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Badung telah dimulai. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Badung mencatat sebanyak 469 peserta calon Paskibraka yang terdiri dari 297 putra dan 172 putri, sudah mendaftarkan diri secara online melalui website paskibraka.bpip.go.id.

Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Badung I Nyoman Trisna Aditya Warma mengatakan, seleksi Paskibraka Kabupaten Badung sampai saat ini sudah berjalan sampai dengan pendaftaran online, dan sedang dilaksanakan pendataan untuk dipanggil kembali dan melaksanakan tes selanjutnya.

“Sesuai dengan arahan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), awalnya yang kami laksanakan sosialisasi pembukaan pendaftaran kepada seluruh SMA/SMK di Kabupaten Badung. Kami juga sudah memasang baliho guna mendukung sosialisasi tersebut,” ujarnya, Rabu (21/2/2024).

Aditya Warma menjelaskan, dalam seleksi Paskibraka terdapat beberapa tahapan, antara lain seleksi administrasi, seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, kemudian seleksi intelegensia umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi baris berbaris dan kesamaptaan, serta seleksi kepribadian. 

Setelah dinyatakan lolos seluruh tahapan tersebut, maka akan diumumkannya hasil akhir dari tes tersebut.

“Nantinya kita mencari calon Paskibraka sejumlah 70 orang dengan 35 orang putra dan juga 35 putri yang akan dididik dan dilatih di lapangan Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung. Mereka juga akan melaksanakan tugas pengibaran di tempat yang sama,” tambahnya.

Untuk calon Paskibraka yang lolos, akan mendapatkan fasilitas baju latihan, hotel dan Pusdiklat selama 14 hari sebelum pengibaran, sehingga diharapkan calon Paskibraka dapat lebih fokus dan semangat dalam mengabdi kepada negara melalui bidangnya.

“Saya berharap semoga kita bisa mempersiapkan anak muda yang lebih kreatif dan juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi serta mempunyai rasa bela negara, menuju generasi emas 2045 mendatang,” harap Aditya Warma. @ind

Komentar