nusabali

321 Siswa Berebut Paskibraka Karangasem

  • www.nusabali.com-321-siswa-berebut-paskibraka-karangasem
  • www.nusabali.com-321-siswa-berebut-paskibraka-karangasem

Bisa saja nantinya dari salah satu sekolah mendominasi lolos sebagai calon anggota Paskibraka. Hal itu tergantung hasil penilaian menggunakan aplikasi.

AMLAPURA, NusaBali
321 siswa mengikuti seleksi anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) serangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024, di Karangasem. Dari lima kali tahapan seleksi, telah tersisih 178 siswa. 

“Nantinya tim seleksi ini hanya merekrut 50 siswa, termasuk 10 siswa untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Bali,” jelas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa di sela-sela memantau seleksi calon anggota Paskibraka di Stadion I Gusti Ketut Jelantik, Jalan Veteran, Amlapura, Senin (25/3).

Jelas Sutapa, seleksi calon Paskibraka ini dimulai Senin (18/3) dan berakhir Selasa (26/3). Setiap tahapan hasil seleksinya dikirim ke aplikasi BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) langsung dengan ranking. Panitia hanya menyediakan tempat seleksi dan melaporkan hasil. Hasilnya transparan, langsung terlihat dan langsung diranking, panitia hanya menyediakan tempat seleksi dan melaporkan hasil-hasil seleksi.
 
Misalnya, lanjut Sutapa, tes wawasan kebangsaan dan intelegensi, secara online, hasilnya bisa masuk aplikasi BPIP karena berlaku secara nasional. Begitu juga saat tes fisik, sit up, lari dan yang lainnya, seberapa siswa mampu melakukannya sebanyak itu dilaporkan panitia. Begitu juga tes peraturan baris berbaris, kesamaptaan, dan lain-lain.


Sutapa menambahkan, terhadap peserta yang melamar ada yang kakinya berbentuk X atau O. Panitia hanya melaporkan saja dan selanjutnya aplikasi yang merespons. Bisa saja nantinya dari salah satu sekolah mendominasi lolos sebagai calon anggota Paskibraka. Hal itu tergantung hasil penilaian menggunakan aplikasi. 

Syarat-syarat peserta calon anggota Paskibraka, untuk putra tinggi 167 cm-180 cm, dan putri 162 cm - 175 cm. Setiap siswa wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter, biodata, dan persetujuan dari orangtua siswa.

Sutapa menambahkan, nantinya yang lolos 50 siswa, termasuk sebanyak 10 siswa lolos untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka di Provinsi Bali, masing-masing 5 putra dan 5 putri. Sebanyak itu pula, mengikuti seleksi untuk memperebutkan jatah calon anggota Paskibraka Tingkat Nasional.

“Mudah-mudahan semua siswa yang kami kirim lolos jadi calon anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Bali, kalau bisa kembali mengulangi prestasi lolos jadi calon anggota Paskibraka Tingkat Nasional,” tambahnya.

Kata dia, jika siswa yang mengikuti seleksi ke tingkat Provinsi Bali kurang beruntung jadi anggota Paskibraka Provinsi Bali, maka otomatis yang bersangkutan kembali bergabung sebagai calon anggota Paskibraka Kabupaten Karangasem.7k16

Komentar