nusabali

Mesin Perahu Mati, Krama Mulang Pakelem Panik

  • www.nusabali.com-mesin-perahu-mati-krama-mulang-pakelem-panik

GIANYAR, NusaBali
Sejumlah krama Desa Adat Ketewel melaksanakan ritual Mulang Pakelem di Pantai Rangkan, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (23/3).

Krama ini sempat panik karena mesin perahu mendadak mati mesin. Suasana jadi tenanh setelah petugas dari Satuan Polair Polres Gianyar, bersama Balawista Gianyar, mengevakuasi jukung yang ditumpangi krama.

Kasat Polairud Polres Gianyar Akp I Wayan Antariksawan menjelaskan, Mulang Pakelem itu serangkaian Karya Agung Panca Walikrama di Pura Payogan Agung Ketewel. Prosesi ini mempergunakan 12 jukung tradisional. ‘’Kami kawal dari pantai menuju tengah laut," ujarnya.

Sata perjalanan ke tengah kaut, ternyata salah satu mesin jukung mati. "Crew Ruber boat Satpolairud bersama Balawista segera membantu dengan melemparkan tali untuk diikat di jukung dan ditarik ke tengah dengan ruber boat," imbuhnya.

Jelas Antariksawan, setelah selesai upacara Matur Pakelem itu, tali penarik jukung tersebut dipindahkan dari ruber boat ke jukung yang lebih kuat. "Kami awasi proses sampai kegiatan dirasa aman dan lancar," jelasnya. *nvi

Komentar