nusabali

Sekolah Siapkan Video Materi MPLS

  • www.nusabali.com-sekolah-siapkan-video-materi-mpls

BANGLI, NusaBali
Sebanyak 28 SMP di Kabupaten Bangli menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) secara daring mulai Senin (12/7).

Sekolah menyiapkan video materi MPLS untuk diupload di akun resmi sekolah. Kasek SMPN 1 Bangli, I Wayan Widiana Sandhi mengatakan pembukaan MPLS secara live. Kegiatan selanjutnya berupa penyampaian materi lewat video.

Menurut Wayan Widiana Sandhi, SMPN 1 Bangli telah menyiapkan video dan diupload di akun resmi sekolah. Siswa dapat menyaksikan video tersebut dari rumah. “Materi video diupload sesuai dengan jadwal. Setelah menyaksikan video tersebut, para siswa yang memiliki pertanyaan bisa tulis di google forms,” jelas Wayan Widiana Sandhi. Ada beberapa materi yang diberikan selama MPLS seperti tata tertib sekolah, penyuluhan hukum dan lalu lintas hingga materi pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut kasek asal Kelurahan Kawan, Bangli ini, SMPN 1 Bangli mengundang pemateri dari Puskesmas dan Polres Bangli. “Materi hukum dan lalu lintas hingga penanganan Covid-19 kami menggandeng petugas yang membidangi. Hari ini (Senin) mulai melakukan pengambilan video materi MPLS,” ujar Wayan Widiana Sandhi. Diakui persiapan pelaksanaan MPLS cukup singkat, sehingga sekolah masih memanfaatkan video sebelumnya, seperti video profil sekolah.

Terkait pembelajaran, SMPN 1 Bangli sedang mempersiapkan aplikasi khusus yang dapat diakses siswa. Selain itu fasilitas internet juga dibenahi agar penyampaian materi daring tidak terganggu. Sementara Plt Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, Dewa Agung Putu Purnama mengatakan, MPLS diselenggarakan 28 SMP di Bangli. Sekolah menyiapkan materi yang dikemas dengan variatif. “Pelaksanaan MPLS secara daring. Diharapkan materi yang disampaikan dikemas sederhana namun dapat mengasah pemahaman siswa,” pintanya.

Mantan Camat Tembuku ini menyampaikan, pelaksanaan MPLS di hari pertama berjalan lancar. Di hari pertama MPLS juga berlangsung vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun. Ada beberapa sekolah yang dijadwalkan melaksanakan vaksinasi. “Sekolah yang melaksanakan vaksinasi hari ini tetap menjalankan MPLS, tetapi waktu diatur,” jelas Dewa Purnama. *esa

Komentar