nusabali

Mourinho Kritik Wasit

Kiper Inggris Cetak Rekor Tak Bobol

  • www.nusabali.com-mourinho-kritik-wasit

LONDON, NusaBali
Jose Mourinho menilai Inggris tidak layak dapat hadiah penalti. Wasit Danny Makkelie pun tampaknya tidak bisa tidur nyenyak.

Sebab sekses Inggris jadi perdebatan terkait hadiah penalti karena Raheem Sterling jatuh di kotak penalti. VAR sempat meninjau keputusan wasit asal Belanda, Makkelie. Dari tayangan ulang, Joakim Maehle tak terlihat jelas kontak dengan Sterling. Di sisi lain Mathias Jensen yang juga menempel Sterling.

"Saya mengatakan apa yang saya lihat. Mungkin Anda tidak menyukai pendapat saya kali ini. Itu bukan penalti. Pada level ini, semifinal Euro, saya benar-benar tidak mengerti keputusan wasit. Saya kurang mengerti kenapa VAR tidak membawa wasit ke layar atau membatalkan keputusan. Bagi saya itu tidak pernah menjadi penalti. Saya tidak yakin wasit akan tidur nyenyak," kata Mourinho dalam wawancar dengan talkSport.

Meski kecewa karena ada penalti kontroversi, pelatih AS Roma itu tetap menilai Inggris layak ke final dan menilai tim asuhan Gareth Southgate bermain fantastis. Menurutnya, tim terbaik menang, Inggris pantas menang dan fantastis. Tim terbaik menang, Inggris adalah tim yang lebih baik dari Denmark.

"Denmark bermain seperti yang saya harapkan dari mereka untuk bermain hingga batas kemampuan. Tapi Inggris benar-benar bagus dan tidak diragukan lagi mereka pantas memenangkan pertandingan ini," kata Mourinho.

Sementara itu, kiper Timnas Inggris Jordan Pickford berhasil memecahkan rekor kiper legendaris Gordon Banks. Yakni, menjadi kiper Inggris yang paling lama tidak kebobolan, usai Timnas Inggris mengalahkan Timnas Denmark 2-1 pada semifinal Euro 2020. Ya, saat berseragam Timnas Inggris Pickford tercatat tak kebobolan selama 721 menit, dan mengalahkan rekor 720 menit milik Banks yang dicatat pada Mei hingga Juli 1966.

Sayang, catatan tak kebobolan Pickford di Timnas Inggris akhinya terhenti beberapa menit setelah rekor milik Banks terpecahkan. Pickford gagal membendung tendangan bebas indah yang dilepaskan bintang muda Denmark, Mikkel Damsgaard. Gol itu juga gol pertama yang masuk ke gawang Inggris di pentas Euro 2020 kali ini, setelah di lima laga sebelumnya Pickford selalu mencatat clean sheet.

Beruntung, Inggris sukses bangkit dengan menyamakan skor berkat gol bunuh diri Simon Kjaer. Skor 1-1 pun bertahan hingga waktu normal habis. The Three Lions berbalik unggul di babak extra time lewat gol rebound Harry Kane setelah penaltiya dimentahkan Kasper Schmeichel. Berkat kemenangan 2-1, Inggris melaju ke partai final untuk menghadapi Italia pada Senin (12/7) dinihari WITA. *

Komentar