nusabali

Pandemi, Seragam Gratis Terancam Berkurang

  • www.nusabali.com-pandemi-seragam-gratis-terancam-berkurang

MANGUPURA, NusaBali
Dampak Covid-19 sangat terasa pengaruhnya terhadap pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Badung.

Namun, pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen menerapkan pendidikan gratis bagi warga yang menempuh pendidikan di sekolah negeri. Meski demikian seragam gratis yang biasanya dibagikan kepada siswa terancam berkurang.

“Saya berkomitmen, astungkara Tuhan memberikan kita bisa memenuhi kebutuhan itu, sehingga tetap kita jalankan pendidikan gratis,” kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, usai menghadiri Rapat Paripurna Masa Persidangan Kedua DPRD Badung tahun 2021, Senin (5/7).

Terkait seragam gratis, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu menyatakan masih melihat realisasi anggaran. Namun, dia menyatakan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung telah berkomunikasi dengan para orang tua atau wali murid untuk menyiapkan seragam sekolah. “Kami sudah minta kepada Kepala Dinas Pendidikan, paling tidak orang tua bisa membelikan pakaian biru (seragam putih biru untuk SMP, Red), misalkan, atau putih merah (seragam putih merah untuk SD, Red). Kami selalu berusaha dengan capaian anggaran era pandemi ini, paling tidak akan kita berikan juga,” kata Bupati Giri Prasta.

Menurut Bupati Giri Prasta, masyarakat sudah memaklumi dan tidak banyak menuntut terkait seragam yang tidak lagi sepenuhnya disiapkan pemerintah. “Para wali murid setelah kita ajak teleconfance, mereka tidak keberatan. Karena memang situasi pandemi,” imbuh Ketua DPC PDIP Kabupaten Badung itu.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta meminta para orang tua dan wali murid agar ikut menjaga kesehatan anak. Sebab, selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, proses belajar mengajar masih dilakukan secara daring paling tidak sampai 20 Juli 2021. “Karena belajar daring, wali murid mohon dijaga kesehatan dan keselamatan anak-anaknya,” harap Bupati Giri Prasta. *ind

Komentar