nusabali

Orba Tak Suka Trah Bung Karno Bersatu

PDIP soal Perseteruan Megawati–Rachmawati

  • www.nusabali.com-orba-tak-suka-trah-bung-karno-bersatu

Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto meyakini, ‘perseteruan’ Mega-Rachma itu by design. Karena Orba tidak suka keluarga Bung Karno jadi satu barisan kekuatan.

SOLO, NusaBali
Rachmawati Soekarnoputri diketahui sering berseteru dan memilih jalur politik yang berbeda dengan kakak kandungnya, Megawati Soekarnoputri. Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto, mengatakan perseteruan itu tak lepas dari desain yang dibikin rezim Orde Baru (Orba) agar seluruh keluarga Bung Karno tidak bisa bersatu dalam satu barisan kekuatan.

“Saya tidak tahu persis sejak awalnya kenapa ada perbedaan pandangan politik sedemikian kuat. Tapi saya yakin Orde Baru (Orba) tidak suka keluarga Bung Karno jadi satu barisan kekuatan. Itu by design,” ujar Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul kepada detikcom, Sabtu (3/7/2021).

Bambang menjelaskan sejak lama memang kader-kader nasionalis Bung Karno tak banyak yang menjalin hubungan dekat dengan Rachmawati, terutama sejak Rachmawati mendirikan Universitas Bung Karno (UBK) tahun 1999 yang peresmiannya dilakukan Presiden BJ Habibie saat itu. Oleh Bambang dan kawan-kawan, Habibie dianggap masih sebagai bagian rezim Orba.

Namun demikian Bambang memastikan tak ada keretakan hubungan di keluarga besar Bung Karno hanya karena perbedaan pilihan politik. Bambang mengaku sering melihat sendiri anak-anak Rachmawati Soekarnoputri menjalin hubungan sangat dekat dengan Megawati dan keluarga besar Bung Karno lainnya.

“Putra Mbak Rachma, Mas Romy (Hendra Rahtomo), sangat dekat dengan Bu Mega dan Mbak Puan. Saya sering melihat sendiri kehangatan dan kedekatan hubungan kekeluargaan mereka di berbagai kesempatan. Sepengetahuan kami, Bu Mega dan Mbak Rachma memang beda garis politik perjuangan, namun hubungan keluarga besar tetap terjalin hangat,” lanjut Bambang.

Namun diakui oleh Bambang bahwa sejauh ini tak pernah terlihat pertemuan antara Megawati dengan Rachmawati yang diketahui publik. Dia juga belum pernah melihat kedua putri Bung Karno itu bertemu langsung.

“Saya memang belum pernah melihat sendiri Bu Mega maupun Mbak Puan ketemu dengan Mbak Rachma. Saya juga tidak berani nanya. Kalau Mbak Sukma (Sukmawati Soekarnoputri), saya sudah lihat sendiri, beberapa kali bertemu dengan Mbak Mega,” ucap Bambang. *

Komentar