nusabali

Swedia Diunggulkan Atasi Ukraina

  • www.nusabali.com-swedia-diunggulkan-atasi-ukraina

GLASGOW, NusaBali
Swedia diunggulkan atasi Ukraina, pada laga 16 besar Euro 2020, di Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6) dinihari, pukul 03.00 WITA.

Sukses mengungguli Spanyol di puncak klasemen Grup E membuat tim asuhan Janne Andersson layak diunggulkan. Tanpa kekalahan, Swedia meraih 7 poin dari 3 laga fase grup.

Swedia tak seagresif Italia yang melepaskan 87 percobaan mencetak gol. Namun dari segi pertahanan, Swedia mampu mencatatkan dua clean sheets selama fase grup. Tak banyak negara yang mampu melakukan hal tersebut. Italia, Belgia, dan Inggris di barisan terdepan dengan catatan tanpa kebobolan dari tiga laga babak grup.

Ukraina tentu harus berusaha keras mendobrak pertahanan Swedia. Ukraina juga butuh kepercayaan diri untuk mengalahkan Swedia.

Hal tersebut menjadi maklum karena Ukraina kalah dari Austria pada laga terakhir Grup C. Hasil itu sebenarnya membuat Ukraina tak berpeluang lolos ke fase gugur. Namun, asa muncul saat Spanyol menghabisi Slovakia 5-0 dan diikuti kemenangan Swedia atas Polandia. Alhasil, Ukraina berhak mendapatkan tiket terakhir dari status salah satu peringkat ketiga terbaik.

”Kekalahan itu (dari Austria) tentu mempengaruhi kami. Kami terlihat kepayahan di laga tersebut karena kami sering kehilangan bola. Sekarang, kami punya waktu istirahat 2 hari lebih banyak dari Swedia dan faktor tersebut harus kami manfaatkan dengan baik,” kata penyerang Ukraia Andriy Yarmolenko.

Sementara itu, Swedia tidak memandang sebelah mata Ukraina. Fakta Ukraina nyaris mencuri angka dari Belanda pada laga perdana tentu layak dijadikan perhatian. Nama Yarmolenko dan Roman Yaremchuk jadi dua sosok yang wajib diberi perhatian lini belakang Swedia. Keduanya masing-masing mencetak dua gol di Euro 2021. Selain itu, Swedia juga tak boleh tutup mata pada pemain Ukraina lain seperti Ruslan Malinovskiy, Oleksandr Zinchenko, dan Mykola Shaparenko.

Dari head to head, Ukraina juga lebih unggul dari Swedia. Dari empat laga selama ini dan tiga di antaranya dimenangi Ukraina. Termasuk di Piala Eropa 2012 saat dua gol Andriy Shevchenko yang sekarang melatih timnas sukses memberikan kemenangan Ukraina.

”Kami tidak bisa berasumsi bahwa kami akan mudah mengalahkan Ukraina. Dibutuhkan performa apik untuk bisa memenangi laga nanti. Jika kami bisa tampil bagus, maka kami punya kans untuk menang,” tutur bek Swedia, Ludwig Augustinsson. *

Komentar