nusabali

Cegah Abrasi, Pantai Klecung Ditanami Mangrove

  • www.nusabali.com-cegah-abrasi-pantai-klecung-ditanami-mangrove

TABANAN, NusaBali
Mencegah abrasi, Pantai Klecung di Banjar Klecung, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, ditanami ratusan pohon mangrove, Senin (28/6).

Kegiatan yang dilakukan Polsek Selemadeg Timur bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Selemadeg Timur digelar dalam rangka Bhakti Sosial HUT ke-75 Bhayangkara yang dirangkai dengan Bulan Bung Karno.

Penanaman ratusan pohon mangrove ini juga melibatkan murid SD dan masyarakat Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur. Pohon mangrove ditanam tepat di sisi Pantai Klecung yang rawan abrasi.

Kapolsek Selemadeg Timur AKP Ni Komang Sri Subakti, menegaskan penanaman pohon mangrove ini serangkaian HUT ke-75 Bhayangkara. Selain itu tujuan utamanya untuk menjaga biota laut dan mencegah abrasi pantai. “Pantai Klecung rawan abrasi, atas koordinasi dengan pemerintah di Kecamatan Selemadeg Timur, diputuskan menanam mangrove,” kata AKP Sri Subakti.

Sementara itu di hari yang sama sebanyak 24 ribu liter eco enzyme disemprotkan oleh Polres Tabanan di seluruh fasilitas umum (fasum) yang ada di wilayah kota Tabanan. Kegiatan ini juga serangkaian menyambut HUT ke-75 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2021. Kali ini, Polres Tabanan bekerjasama dengan Komunitas Eco Enzyme Denpasar.

Kegiatan penyemprotan melibatkan Unit Dalmas Polres Tabanan, yang menurunkan satu unit mobil Water Canon, yang dipimpin Kasat Samapta, AKP I Nyoman Sukadana. Selain itu juga menurunkan petugas Damkar Tabanan dengan dua unit mobil Damkar dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup yang menurunkan unit mobil pertamanan.

Kegiatan dipimpin Kabag Ren Polres Tabanan Kompol I Ketut Sujata bersama dengan Kapolsek Tabanan Kompol I Nyoman Sukanada. Menurut Kompol Sukanada penyemprotan cairan eco enzyme menyasar fasilitas umum di Tabanan dimaksudkan untuk menjaga ekosistem alam agar udara tetap bersih.

“Kegiatan ini terlaksana masih dalam rangka Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 20201, terima kasih kepada Komunitas Eco Enzyme Denpasar, kepada Unit Pemadam Tabanan dan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Tabanan, hari ini (kemarin) kita bersama lakukan penyemprotan fasilitas umum Tabanan. Apa yang kita laksanakan ini adalah wujud kepedulian kita untuk menjaga ekosistem alam agar udaranya tetap bersih,” kata Kompol Sukanada.

Koordinator Komunitas Eco Enzyme di Tabanan Yuli Ekayani, menjelaskan kegiatan penyemprotan kali ini dengan 24 ribu liter eco enzyme dimaksudkan untuk menjaga udara Tabanan tetap bersih dan sehat. *des

Komentar