nusabali

Jelang Belgia Vs Portugal, Adu Tajam Lukaku dan Ronaldo

  • www.nusabali.com-jelang-belgia-vs-portugal-adu-tajam-lukaku-dan-ronaldo

SEVILLA, NusaBali
Romelu Lukaku bersaing dengan Cristiano Ronaldo di level klub dan tim nasional (Timnas). Kini, keduanya bakal bentrok saat membela negaranya masing-masing di Piala Eropa 2020.

Belgia vs Portugal bertemu di babak 16 besar Euro 2020. Kedua kesebelasan bertanding di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin (28/6) dini hari WITA. Baik Belgia maupun Portugal sama-sama diperkuat pemain andalan yang masuk daftar top skor Piala Eropa 2020. De Rode Duivels ada Lukaku yang sudah membukukan tiga gol, sementara Selecao Das Quinas punya Ronaldo yang menorehkan lima gol. Romelu Lukaku dan Cristiano Ronaldo sebelumnya juga bersaing satu sama lain di panggung Serie A. Lukaku menjadi bomber utama Inter Milan, sedangkan CR7 adalah juru gedor Juventus.

Pada Liga Italia 2020/2021, Ronaldo keluar sebagai peraih sepatu emas Serie A dengan koleksi 29 gol. Lukaku berada tepat di bawahnya dengan 24 gol. Di satu sisi, Lukaku berhasil mengantarkan Inter meraih Scudetto di musim tersebut. Kesuksesan seperti itu yang ingin diulangi striker 28 tahun tersebut bersama Timnas Belgia pada Piala Eropa 2020.

"Dia memenangkan gelar pencetak gol terbanyak Serie A, tapi kami yang menjuarai liga. Sangat penting untuk meraih trofi dan itu adalah tujuan saya," kata Romelu Lukaku, dikutip dari La Gazzetta dello Sport. "Saya iri dengan kemampuan Cristiano menggiring dan menembak bola. Sebaliknya, saya rasa dia sedikit iri dengan kekuatan dan bidikan saya, serta permainan tim kami," ujarnya mengenai persaingan dengan Cristiano Ronaldo dilansir detiksport.

Romelu Lukaku datang ke Euro 2020 dengan antusiasme besar usai juara Liga Italia bareng Inter Milan. Belgia sendiri adalah salah satu kandidat juara, bermodal generasi emasnya dan pengalaman finis ketiga di Piala Dunia 2018 lalu. Tim besutan Roberto Martinez tersebut menjawab ekspektasi dengan meyakinkan sejauh ini, menyapu bersih fase grup dan lolos dengan nilai sempurna. Tapi ujian besar sudah menanti di babak 16 besar, yakni menghadapi juara bertahan Piala Eropa: Portugal.

Buat Romelu Lukaku, ada momentum bagus untuknya di Euro 2020 ini. Membawa Belgia juara dan memenangi titel besar pertama dalam sejarah timnas niscaya mengangkat pamornya. Pemain Inter Milan itu pun merasa selama ini belum dianggap sejajar oleh penyerang-penyerang top lainnya. Maka ada ambisi dan mimpi untuk membuktikan diri lebih jauh, salah satunya dengan merebut Ballon d'Or, yang akan cukup realistis diwujudkan jika mengantar Belgia juara Piala Eropa 2021.

"Itu target yang sangat bagus, dan juga mimpi masa kecil saya. Saya ingin melangkah ke level selanjutnya, untuk jadi lebih baik lagi," katanya dilansir Marca. Romelu Lukaku sejauh ini sudah bikin tiga gol di Euro 2020, hanya kalah tajam dari Cristiano Ronaldo (5 gol). Sementara soal statistik head to head, Belgia vs Portugal sudah bertemu sebanyak 18 kali. 5 laga dimenangkan Belgia, 6 untuk untuk Portugal dan 7 kali imbang. Namun di 5 pertemuan terakhir, tim berjuluk Selecao yang menyandang status juara bertahan lebih unggul. Tercatat 3 kali menang dan dua sisanya berakhir imbang.

Namun di Euro 2020, Belgia lolos dengan status juara Grup B dengan mengemas 3 pertandingannya tanpa kekalahan. Yakni, menang 3-0 dari Rusia di laga pertama. Kemudian menang 2-1 dari Swiss dan 2-0 dari Finlandia. Sementara Portugal, melaju ke babak 16 hanya bermodal sebagai peringkat 3 terbaik dengan hanya mengumpulkan 4 angka.

Raihan itu didapatkan dari hasil menang 3-0 atas Hungaria. Kemudian kalah 4-2 dari Jerman dan imbang 2-2 dari Prancis. Kendati lolos ke babak 16 besar dengan modal peringkat ketiga terbaik, bukan berarti skuad anak asuh Fernando Santos ini lemah. Buktinya, di tahun 2018 saat menjadi juara, mereka juga mengawali dari peringkat 3 saja.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez enggan memikirkan soal kans juara Euro 2020. Saat ini Belgia cuma fokus menyingkirkan Portugal di babak 16 besar. Martinez meyakini bahwa Belgia sudah semakin kuat sejak dikalahkan Prancis di semifinal Piala Dunia 2018. Namun, Belgia dilarang berpikir terlalu jauh di Euro 2020. "Kami memang semakin kuat. Saya pikir di turnamen apapun, Anda sebenarnya menjalani dua turnamen dalam satu turnamen. Satu turnamen itu adalah fase grup, dan Anda butuh menggunakan tiga pertandingan itu untuk mempersiapkan semua pemain."

Yang pasti, laga Belgia vs Portugal diprediksi bakal menyuguhkan permainan yang sengit seperti laga-laga sebelumnya saat mereka berjumpa. Siapakah yang akan menjadi yang terbaik dan memenangkan laga babak 16 besar dan terus melaju ke babak selanjutnya? *

Komentar