nusabali

Buaya Liar Misterius, Umpan Tak Digubris

  • www.nusabali.com-buaya-liar-misterius-umpan-tak-digubris

GIANYAR, NusaBali
Semakin dicari, posisi buaya yang berkeliaran di sekitar Loloan Tukad Sangsang, perbatasan Pantai Siyut, Desa Tulikup - Pantai Lebih, Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, semakin misterius.

Sejumlah petugas TRC (tim reaksi cepat) yang siaga dari siang sampai sore, tak sedetik pun melihat pergerakan buaya dimaksud.

Saat pertama kali buaya menghebohkan warga ini diketahui, buaya panjang sekitar 2 meter ini berjemur di atas tumpukan kayu. Hari kedua pasca temuan pun, buaya masih menampakkan diri. Namun berhasil menceburkan diri ke perairan yang cukup dalam.

Kepala Bidang Kegawatdaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)  Gianyar I Gusti Ngurah Dibia Presasta, mengatakan umpan bebek berbulu coklat yang dipakai memancing buaya itu, masih utuh, Kamis (24/6). "Umpan dipasang Selasa (22/6), tadi dicek masih utuh. Belum disentuh buaya," ujarnya.

Ngurah Dibya Presasta menyatakan, Kamis kemarin, umpan bebek itu diambil oleh petugas, akan diganti dengan umpan baru, tetap berupa bebek. "Nanti dicoba bebek putih jambul, karena sekarang Purnama (hari suci Purnama, red)," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, seekor buaya muara terlihat oleh pemancing pada Senin (21/6). Pemancing itu sempat memotret buaya yang sedang berjemur. Demi keamanan, pemancing pergi, kemudian memberitahu nelayan dan warga setempat. Laporan itu diterima oleh BPBD Gianyar. Kemudian petugas berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gianyar. Esoknya, buaya itu diburu petugas dengan cara memasang perangkap. *nvi

Komentar