nusabali

Ular Kobra 1,5 Meter Bunuh 14 Ayam

  • www.nusabali.com-ular-kobra-15-meter-bunuh-14-ayam

AMLAPURA, NusaBali
Ular kobra panjang 1,5 meter membunuh 14 ekor ayam, di Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Senin (13/3) pukul 06.55 Wita.

Petugas Pos Pemadam Kebakaran Karangasem mengevakuasi ular berbisa tersebut setelah ada warga, I Wayan Budi, melaporkan.Pemilik kandang ayam yang berisi ayam buras, I Nyoman Marta menerangkan sejak semalam ayam peliharaannya ribut di kandangnya. Tetapi, dia tidak sempat mengecek. Selanjutnya, pagi baru mengecek kandang ayamnya yang berisi puluhan ayam buras. Ternyata kobra telah bersarang di dalam kendang. Dia kadet karena 14 ayam telah mati.

Marta menduga, kobra itu telah mematuk ayam peliharaannya sembari mengeluarkan bisa hingga mati. Hanya saja, ayamnya tidak ada yang hilang. Ular memungkinkan masuk pemukiman, karena di sekitarnya ada semak-semak. Hanya saja, menurut pemilik kandang, baru kali ini kemasukan ular.

Atas temuan itu iparnya, I Wayan Budi, melaporkan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem. Petugas yang menerima laporan itu sopir regu III I Komang Gede Juniada. "Saya lihat ular itu bersarang di dalam kandang, dan ada 14 ayam telah mati, rata-rata harganya per ekor Rp 30.000," jelas I Wayan Budi.

Empat petugas mendatangi lokasi kejadian dengan membawa jepitan dan karung plastik. Petugas menggunakan pakaian anti bakar, sarung tangan, dan helm. Beberapa menit setelah menemukan posisi ular itu, petugas berhasil menangkap dan memasukkan kobra  tersebut ke dalam karung plastik.

"Ular itu sementara kami amankan di Pos Pemadam Kebakaran Karangasem. Jika ada warga yang meminta saya kasi, jika tidak, akan kami lepas liarkan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman," jelas I Komang Gede Juniada. *k16

Komentar