nusabali

Kantor Dishubkominfo Klungkung Terbakar

  • www.nusabali.com-kantor-dishubkominfo-klungkung-terbakar

Kebakaran melanda Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Klungkung di Jalan Raya Watu Klotok, Senin (30/11) pagi. Tak ada korban jiwa. 

Peristiwa tersebut sempat membuat staf, pegawai dan warga sekitar gemetar karena ketakutan.

SEMARAPURA, NusaBali
Meski demikian, peristiwa tersebut sempat membuat staf, pegawai dan warga sekitar gemetar karena ketakutan. Polisi masih menyelidiki pemicu kebakaran itu. Informasi di lokasi menyebutkan, sebagaimana biasa para pegawai Dishubkominfo, ngantor. Mereka menuju ruang dan tempat kerja masing-masing. Ada di bagian adminstrasi mengurus kir (uji kendaraan) dan kegiatan layanan lainnya. Di saat memulai kerja, sekitar pukul 06.30 Wita, kebakaran terjadi. Itu ditandai kobaran api dan asap pekat tiba-tiba di salah satu ruangan di gedung timur, loket dan kantor pelayanan Teknik Sarana Angkutan Pengujian Kendaraan.

Api dengan cepat membesar karena bangunan gedung timur, sebelah utara pintu masuk Kantor Dishubkominfo itu, merupakan bangunan tua. Hal itu diperparah karena di dalam ruangan tersimpan gundukan kertas arsip. Para pegawai Dishubkominfo histeris kebingungan sebelum sempat menghubungi  Damkar.  “Saya langsung lari keluar mendengar ruangan terbakar,” ujar Anak Agung Istri Krisna Dewi, salah seorang staf. 

Begitu berada di luar, api sudah membakar hebat  hingga jaket berikut dompet berisi uang dan  laptop miliknya, tak bisa diselamatkan. “Saya baru saja masuk ruangan, tiba-tiba terdengar teriakan kebakaran,” ungkapnya. Demikian juga staf lain yang menyaksikan kejadian awal kebakaran, menyatakan terkejut dan bingung karena api, tiba-tiba sudah membesar dan langsung menghanguskan bangunan gedung berukuran 4 x 11 meter tersebut.

Kadishubkominfo Klungkung I Nengah Sukasta  belum mengetahui penyebab kebakaran itu. Saat kebakaran, ia sedang berada di Lapangan Puputan Klungkung mengikuti apel HUT Korpri. “Saya langsung meluncur ke kantor, karena ditelpon,” ungkap Sukasta. 

Tiba di kantor dia kaget, karena mendapatkan petugas damkar  melakukan pemadaman.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung meluncur ke lokasi mengkoordinasikan pemadaman api. “Meski kami belum tahu penyebabnya, saya minta agar instalasi listrik mendapat penanganan yang baik,’’ ujarnya. Ia mengaku sudah pernah mengingatkan staf agar memelihara instalasi listrik di kantor itu.

Kebakaran ini masih dalam penanganan polisi. Kapolsek Klungkung Kompol I Ketut Sutaman menyatakan belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran. “ Itu masih lidik belum berani kami pastikan,” ujarnya.

Dugaan sementara di lapangan, kebakaran diduga karena adanya bahan bakar minyak (BBM) yang disambar percikan api sehingga langsung memicu kebakaran. Dugaan tersebut dipekuat adanya temuan berupa bekas kompor terbakar. Kerugian diperkirakan lebih dari Rp 200 juta. Selain satu unit gedung, barang lain ludes yakni arsip,  2 unit komputer, sebuah laptop, kamera DSLR, kompresor,  uang Rp 200 ribu, dompet, jaket dan yang lainnya. Untuk kepentingan penyelidikan, lokasi kebakaran masih dipasangi garis polisi. Kebakaran mengakibatkan, layanan uji kendaraan di Dishubkominfo dihentikan sementara.

Komentar