nusabali

Banjar Sanggulan Wakili Lomba Kampung Tertib Lalulintas Nasional

  • www.nusabali.com-banjar-sanggulan-wakili-lomba-kampung-tertib-lalulintas-nasional

TABANAN, NusaBali
Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan mewakil wilayah hukum Polres Tabanan dalam Lomba Kampung Tertib Lalulintas tingkat Nasional.

Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Korlantas Mabes Polri, dihadiri Kasidikpen Subditdikmas Ditkamsel Korlantas Polri AKBP Arief Bahtiar, Kamis (17/6).

Tim penilai dari Korlantas Mabes Polri disambut Kapolres Tabanan AKBP Mario Chirsty Panji Siregar, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, dan sejumlah pejabat Polres Tabanan. Penyambutan diiringi dengan gambelan baleganjur dan Hanoman.

Kasidikpen Subditdikmas Ditkamsel Korlantas Mabes Polri AKBP Arief Bahtiar, mengatakan tujuan kegiatan Lomba Tertib Kampung Lalulintas untuk mewujudkan budaya tertib beralulintas. Dengan harapan, masyarakat tidak ada lagi melanggar sehingga angka kecelakaan lalulintas bisa ditekan. "Sebab jika kecelakaan lalulintas masih tinggi, maka akan berdampak pada aktivitas, produktivitas, yang nanti akan memengaruhi kesejahteraan masyarakat. Jadi ini mesti ditangani serius," jelasnya.

Untuk itu, jelas AKBP Arief, masyarakat harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menciptakan budaya tertib lalulintas. "Masyarakat memang diwajibkan bersama-sama ikut memelihara sarana prasana jalan, pengembangan disipilin untuk mewujudkan budaya berlalulintas," tegasnya.

Kata dia, lomba ini diikuti oleh 34 Polda di Indonesia. Diharapkan perwakilan dari Bali ini bisa memenangkan lomba, meskipun dihelat di tengah pandemi Covid-19. "Kami gelar lomba ini selama dua tahun karena sekarang lagi pandemi Covid-19," tegasnya.

AKBP Arief menegaskan setelah dicanangkan sebagai kampung tertib berlalulintas, masyarakat harus tertib. Karena lomba ini ada proses evaluasi sehingga perlu pemantauan berkelanjutan. "Kalau memang nanti setelah dicanangkan masyarakat tidak tertib, tentu kami akan jadikan pertimbangan," tegasnya.

Kasatlantas Polres Tabanan AKP Ni Putu Wila Indrayani mengharapkan Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, perwakilan dari Tabanan bisa memperoleh juara. "Kami sudah ada MOU dengan desa dan kecamatan untuk mencanangkan Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar sebagai kampung tertib lalulintas. Jadi di MOU itu sudah ada segala peraturan agar masyarakat mengikuti," tegasnya.

Disebutkan, kampung lalulintas ini tidak hanya berlangsung di Desa Banjar Anyar, tetapi ke desa di Tabanan. Untuk itu, Polres Tabanan terus akan menggeliatkan tertib berlalulintas bersama dengan Bhabinkamtibmas. Tujuannya, mencegah angka kecelakaan lalulintas sekaligus memberikan pemahaman dan ilmu kepada masyarakat. "Kami akan terus mengedukasi agar semua masyarakat memahami betapa pentingnya budaya tertib lalulintas," tandas AKP Wila Indrayani. *des

Komentar