nusabali

Putu Christiani Terpilih Jadi Ketua Paralympic Buleleng

  • www.nusabali.com-putu-christiani-terpilih-jadi-ketua-paralympic-buleleng

JAKARTA, NusaBali
Pebulutangkis Putu Christiani terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Nasional Paralympic Committe (NPC) Indonesia Kabupaten Buleleng periode 2021-2026.

Putu Christiani mengatakan, akan menjalani amanah tersebut dengan baik. Bahkan, dia sudah memiliki sejumlah agenda demi memajukan kalangan disabilitas yang menekuni dunia olahraga di Kabupaten Buleleng.

"Sabtu, 12 Juni 2021 kemarin berlangsung Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) NPC Indonesia Kabupaten Buleleng di SLBN 2 Singaraja. Setelah kepengurusan masa bakti 2015-2020 selesai, maka dilakukan pemilihan Ketua untuk periode 2021-2026," ujar Putu Christiani kepada NusaBali, Selasa (15/6).

Panitia menanti beberapa menit agar ada yang mendaftarkan diri sebagai calon Ketua NPC Kabupaten Buleleng. Namun tidak ada yang mendaftarkan diri. "Akhirnya pimpinan sidang menyatakan, apakah yang hadir setuju jika saya menjadi Ketua. Semua yang hadir dan punya hak suara mengangkat tangan setuju," jelas Putu Christiani.

Pebulutangkis yang memperkuat Indonesia di Asian Para Games 2018 ini menuturkan, total ada 18 orang yang hadir. Mereka merupakan pengurus NPC dan atlet Kabupaten Buleleng yang memiliki hak suara, termasuk dirinya. Putu Christiani menjadi calon satu-satunya Ketua NPC Indonesia Kabupaten Buleleng karena backgroundnya sebagai atlet.

Dia juga dinilai memiliki prestasi bagus dan berpengalaman. Sebagai Ketua NPC Indonesia Kabupaten Buleleng terpilih, pebulutangkis kelahiran Banjar Dinas Babakan, Desa Panji, Singaraja, Kabupaten Buleleng ini memiliki prioritas untuk meningkatkan prestasi para atlet disabilitas Kabupaten Buleleng.

Dia juga akan menerapkan latihan secara disiplin. Lalu mencari bibit-bibit baru yang ingin menekuni olahraga agar kelak dapat mencetak atlet berprestasi tidak hanya di tingkat Kabupaten Buleleng saja. Melainkan di tingkat Provinsi Bali, nasional maupun internasional.

"Untuk itu, jika masyarakat di Buleleng punya keluarga, tetangga dan kenalan yang memiliki keterbatasan dan tertarik menjadi atlet, bisa menghubungi NPC Buleleng," ucap Putu Christiani. Dalam waktu dekat, Putu Christiani menargetkan untuk meloloskan sebanyak-banyaknya atlet Kabupaten Buleleng ke Peparnas Papua 2021.

Menurut perempuan yang bekerja di TU SLBN 2 Singaraja ini, tanggal 19 Juni 2021 di lapangan Mengwi, Kabupaten Badung ada seleksi untuk atlet ke Peparnas. Buleleng mengirimkan satu atlet tenis meja, 11 orang atlet atletik dan satu perenang. Sementara dirinya mendapat golden ticket untuk cabor bulutangkis.

"Saya mendapat golden ticket, karena Bali hanya mengirimkan satu atlet yaitu saya," imbuh Putu Christiani. Meski terpilih sebagai Ketua NPC Indonesia Kabupaten Buleleng, Putu Christiani tetap menjadi atlet. Dia tidak merasa kerepotan, karena dalam menjalankan tugas kelak akan dibantu oleh pengurus lainnya.

"Setelah terpilih sebagai Ketua, saya segera menyusun kepengurusan. Batas waktu sampai Sabtu, 19 Juni nanti. Dalam kepengurusan nanti ada bidang-bidangnya sehingga saya dibantu dengan pengurus lain saat menjalani roda organisasi. Untuk itu, posisi saya sebagai atlet tetap jalan," papar Putu Christiani. *k22

Komentar