nusabali

Rai Wahyuni Rutin Pantau PKK Tabanan Menanam di Pekarangan

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-rutin-pantau-pkk-tabanan-menanam-di-pekarangan

TABANAN, NusaBali                                                                 
Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya intens memantau program Aku Hatinya (Ama

Implementasi program tersebut antara lain memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman yang bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, juga tanaman yang bernilai ekonomis.  Pada Jumat (11/6), Ny Rai Wahyuni mengunjungi PKK di Desa Bongan, Kecamatan Tabanan.

Pada kunjungan Jumat kemarin, Ny Rai Wahyuni didampingi Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tabanan, dan Relawan Bali.

Ny Rai Wahyuni menuturkan, program Aku Hatinya PKK adalah salah satu cara memenuhi pangan rumah tangga. “Seperti di Desa Berembeng (Kecamatan Selemadeg), ibu-ibu PKK kreatif, mereka menanam kunyit putih dan tanaman bonsai yang memiliki nilai jual tinggi,” ujarnya.

Menurutnya hal itu merupakan langkah yang positif dalam rangka mewujudkan visi misi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM), mulai dari tingkat terkecil yaitu keluarga. Kalau program ini benar-benar dilaksanakan secara disiplin, secara otomatis menguntungkan warga.

“Setelah berkunjung di dua desa, semua sudah masuk kriteria Aku Hatinya PKK, namun rata-rata masih kurang disempurnakan. Jadi unsur-unsurnya sudah ada, seperti tanaman obat, tanaman pangan, dan lainnya sekaligus tanaman hias, namun penataannya perlu disempurnakan kembali,” sarannya.

Dia juga berpesan kepada warga agar menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomis di pekarangan rumah, sehingga menghasilkan dan menambah pendapatan keluarga. “Saya berharap desa yang belum dikunjungi dapat mempersiapkan diri lebih baik,” imbuhnya.

Sejalan dengan pemantaun tersebut, Ny Rai Wahyuni yang juga Ketua K3S Kabupaten Tabanan membawa misi program rehabilitasi sosial bagi lansia, dengan memberikan bantuan kursi roda kepada dua orang lansia di Kecamatan Tabanan. Bantuan tersebut hasil kerja sama dengan Dinas Sosial dan Relawan Bali. *des

Komentar