nusabali

Perpustakaan Kota Denpasar Layani Peminjaman Buku Secara Online

  • www.nusabali.com-perpustakaan-kota-denpasar-layani-peminjaman-buku-secara-online

DENPASAR, NusaBali.com - Pandemi Covid-19 mempengaruhi segala lini kehidupan tak terkecuali dalam dunia literasi. Perpustakaan Kota Denpasar sebagai layanan pemerintah dalam menyediakan buku-buku bacaan ikut juga kena dampaknya.

Untuk menghindari kerumunan yang dapat mengakibatkan penularan Covid-19, perpustakaan milik Pemkot Denpasar tersebut memberlakukan peminjaman buku secara online. Kepala Bidang Layanan dan Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Ni Wayan Purnamiasih, ketika ditemui Rabu (9/6/2021) di Perpustakaan Kota Denpasar menyatakan bahwa kunjungan ke perpustakaan Kota Denpasar terpaksa ditutup, sementara untuk layanan peminjaman buku menggunakan sistem daring atau online.

“Karena kendala pandemi, terpaksa perpustakaan ditutup peminjaman buku dilakukan melalui e-mail dan juga WA (WhatsApp),” ujar kabid yang bertugas di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar sejak 2008.

Alhasil, karena kebijakan tersebut masyarakat belum dapat membaca buku-buku yang ada  di perpustakaan secara langsung. Sementara bagi masyarakat yang ingin meminjam buku bisa menanyakan judul buku yang ingin dipinjam, lewat email atau WA, kemudian petugas perpustakaan akan mencarikan buku tersebut. Jika buku tersebut ada dalam koleksi Perpustakaan Kota Denpasar, maka peminjam dapat mengambil buku tersebut keesokan harinya.

Peminjaman buku secara online dapat dilakukan melalui email: [email protected] atau melalui WA: 081339904898 (Feby)/081246871563 (Gung Asti).

Kebijakan peminjaman buku secara online dilakukan Purnamiasih sejak bulan September 2020. Sementara di awal masa pandemi layanan perpustakaan sempat tutup total, sehingga tidak melayani masyarakat sama sekali.



“Layanan online kami sementara buka hari Senin sampai Jumat, mulai jam 08.00 sampai 16.00 Wita. Untuk hari Sabtu yang biasanya buka sampai jam 13.00 terpaksa tutup,” ujar Purnamiasih sembari menyebut dari seluruh timnya yang berjumlah 14 orang, yang bertugas di kantor hanya 25 persen dan sisanya bekerja dari rumah.  

Antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan peminjaman buku online diakui Purnamiasih cukup baik di tengah masa pandemi dan masih kurangnya budaya membaca di masyarakat. Menurut data yang dimiliki Perpustakaan Kota Denpasar setidaknya dalam satu bulan rata-rata 20 orang telah melakukan peminjaman buku secara online sejak diberlakukannya kebijakan tersebut. Jumlah ini memang  jauh berkurang jika dibandingkan rata-rata peminjaman buku sebelum masa pandemi Covid-19 di mana jumlah peminjam buku rata-rata sebanyak 200 orang dalam satu bulannya.

Di sisi lain, tidak hanya layanan kunjungan dan peminjaman buku yang terkendala, layanan perpustakan keliling yang juga rutin dilaksanakan oleh Perpustakan Kota Denpasar juga terpaksa disetop.

“Hal itu (perpustakaan keliling) terpaksa belum bisa dilakukan, mengingat sekolah juga belum dibuka, dan tempat-tempat umum sebagian juga masih ditutup untuk menghindari kerumunan,” ujar I Wayan Wirawan, Kasie Publikasi, Sosialisasi, dan Pengembangan Minat Baca Perpustakaan Kota Denpasar.

Dirinya menambahkan bahwa sebelum pandemi mobil perpustakaan keliling, yang jumlahnya ada dua, biasanya melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah (SD dan SMP) atau pada akhir pekan dapat ditemui di sekitaran Taman Kota Lumintang, Lapangan Puputan atau Lapangan Renon.

Untuk diketahui, Perpustakaan Kota Denpasar memiliki beberapa fasilitas dalam melayani dan mensosialisasikan minat baca di Kota Denpasar. Selain layanan baca dan peminjaman buku serta perpustakaan keliling, Perpustakaan Kota Denpasar juga dilengkapi dengan taman baca anak-anak (TK dan PAUD) serta BI Corner untuk membaca buku-buku terkait ekonomi dan perbankan. *adi

Komentar