nusabali

Belanda Cemas De Ligt Cidera

Operasi Hidung, De Bruyne Absen Belgia vs Rusia

  • www.nusabali.com-belanda-cemas-de-ligt-cidera

AMSTERDAM, NusaBali
Belanda cemas dihadapkan kemungkinan cidera bek tengah Matthijs de Ligt yang tertatih-tatih saat latihan pada Sabtu dan mengeluhkan sakit selangkangan, menjelang kick off Euro 2020 pada Jumat (11/6).

Pelatih Frank de Boer mengatakan dirinya terpaksa menunggu kepastian tingkat cidera De Light. Namun potensi absennya bek tengah akan menjadi pukulan serius bagi tim Oranye yang sudah kehilangan bek andalannya, Virgil van Dijk.

"Dia sudah mengalami sejumlah masalah pada selangkangannya pada hari Jumat, jadi dia tak mau mengambil risiko sedikit pun. Kami harus menunggu dan melihat," kata De Boer, jelang laga pemanasan terakhir melawan Georgia, Minggu (6/6).

De Boer juga kembali mempertahankan keputusannya tidak memanggil kiper nomor satu Jasper Cillessen karena infeksi Covid19. Langkah ini dikritik pemain ini lewat media setempat.

"Itu reaksi yang emosional. Bisa dimengerti. Saya mesti membuat pilihan. Kami akan bermain dalam sebuah turnamen. Semua orang harus 100 persen bugar. Dia mungkin masih memerlukan satu atau dua pekan (untuk sepenuhnya bugar),kata De Boer.

Belanda, yang juara Eropa 1988 itu, akan mengawali Euro 2020 melawan Ukraina di Amsterdam pada 13 Juni, disusul menjamu Austria dan Makedonia Utara.

Sedangkan dari Timnas Belgia dikhabarkan, Kevin De Bruyne menjalani "operasi kecil" di wajahnya (hidungnya) pada Sabtu pagi dan akan bergabung kembali dengan tim pada Senin (7/6).

Demikian diungkapkan pelatih timnas Belgia Roberto Martinez, dalam konferensi pers jelang laga pemanasan melawan Kroasia. Ya, playmaker Manchester City itu mengalami patah tulang hidung dan rongga mata kiri setelah bertabrakan dengan pemain Chelsea Antonio Rudiger pada laga final Liga Champions, seminggu lalu.

“Operasi itu diperlukan untuk jangka panjang. Operasi tersebut berlangsung selama 20 menit, dan semuanya berjalan dengan baik,“ ujar kata pelatih asal Spanyol itu

Martinez memperkirakan De Bruyne akan absen dalam laga Euro 2020 pertama melawan Rusia pada 12 Juni. Namun dia tidak dapat memprediksi kapan playmaker itu akan kembali lagi ke lapangan.

Martinez juga memasukkan Axel Witsel dalam skuad, meskipun masih dalam pemulihan cidera tendon achilles. Lalu Eden Hazard, yang baru pulih dari cedera paha, akan duduk di bangku cadangan.

Setelah melewati laga pembukaan melawan Rusia, Belgia akan bermain melawan Denmark dan Finlandia di Grup B. *ant

Komentar