nusabali

Harlah Pancasila, FKRH Jembrana Bagi-Bagi Stiker Garuda Pancasila

  • www.nusabali.com-harlah-pancasila-fkrh-jembrana-bagi-bagi-stiker-garuda-pancasila

NEGARA, NusaBali
Bertepatan dengan Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun 2021, sejumlah remaja yang tergabung dalam Forum Komunikasi Remaja Hindu (FKRH) Kabupaten Jembrana menggelar aksi bagi-bagi stiker Garuda Pancasila kepada pengguna jalan di perempatan traffic light Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Selasa (1/6) sore.

Aksi ini diharapkan bisa mengingatkan kembali akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara. Ada sebanyak 500 lembar stiker bergambar Garuda Pancasila yang berisi tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan latar belakang Merah Putih yang dibagikan sejumlah remaja ini. Aksi bagi-bagi stiker Garuda Pancasila ini disambut antusias. Bahkan ada yang meminta agar stiker Garuda Pancasila itu langsung ditempelkan di kendaraan mereka.

Koordinator aksi, Ida Bagus Komang Heriawan, 24, mengatakan, aksi ini merupakan aksi spontanitas. Sesuai dengan tema Harlah Pancasila tahun ini, ‘Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh’, dirinya bersama sejumlah rekannya bergerak secara swadaya untuk mengingatkan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kami sebagai generasi muda terpanggil untuk ikut membumikan Pancasila. Mengingatkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara yang harus dijadikan pondasi dan landasan dalam setiap aspek kehidupan bernegara,” ucapnya.

Heriawan menambahkan, di tengah polemik kurikulum pendidikan yang terjadi belakangan ini, dirinya berharap Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang pernah diajarkan di masa lalu, diajarkan kembali kepada generasi mudah saat ini. Menurutnya, selain pendidikan Kewarganegaraan, penting untuk memulihkan kembali PMP. Sehingga generasi muda mendapat pengetahuan dasar bernegara yang utuh. “Kalau bisa penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) biar kembali dihidupkan. Untuk kembali membumikan nilai-nilai Pancasila sampai ke pelosok-pelosok Indonesia,” ujar Heriawan yang juga Dewan Kehormatan FKRH Jembrana.

Di samping itu, Heriawan berharap, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) juga bergerak lebih masif untuk membumikan nilai-nilai Pancasila. “Dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila, harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara akan tetap terjaga. Yang terpenting seluruh komponen bangsa memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di setiap aspek kehidupan,” ucapnya. *ode

Komentar