nusabali

Sandar di Pelabuhan Benoa, 13 Penumpang Kapal Tilongkabila Diperiksa Ketat

  • www.nusabali.com-sandar-di-pelabuhan-benoa-13-penumpang-kapal-tilongkabila-diperiksa-ketat

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Denpasar menggelar pemeriksaan administrasi kependudukan kepada penumpang Kapal Pelni Tilongkabila yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar Selatan, Rabu (19/5).

Pemeriksaan ini dilakukan untuk antisipasi arus balik Lebaran melalui jalur laut. Kasi Pendataan Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar, Agus Jaya Utama mengatakan dalam pemeriksaan kapal penumpang Tilongkabila menurunkan sebanyak 13 penumpang di Pelabuhan Benoa.

Ke-13 penumpang membawa identitas lengkap dengan surat keterangan rapid Antigen. Pemeriksaan tetap digelar meskipun penumpang yang turun sedikit. kegiatan pengecekan ini rutin digelar setiap ada arus balik termasuk saat arus balik Lebaran kali ini. Pihaknya melakukan pengecekan kelengkapan administrasi kependudukan seperti KTP serta meminta keterangan terkait domisilinya di Denpasar.

Hal ini dilakukan, agar penumpang yang datang ke Denpasar memiliki tujuan yang jelas dengan identitas yang jelas pula. “Setiap penumpang yang turun di sini kami periksa kelengkapan identitas kependudukannya,” ungkapnya. Sementara itu, Kapolsek Pelabuhan Benoa, Kompol Abdus Salim menambahkan selain melakukan pengecekan identitas, pihaknya juga melakukan pengecekan kelengkapan surat bebas Covid-19. Dikarenakan saat ini, masih dalam masa pandemi Covid-19 agar jangan sampai penumpang yang datang ke Denpasar menjadi penyebar Covid-19.

Pihaknya menambahkan, untuk arus balik kali ini, Tilongkabila merupakan kapal penumpang pertama yang menurunkan penumpang di Pelabuhan Benoa. Untuk melakukan penjagaan, pihaknya menyiagakan satu pos sekat untuk memantau arus balik kali ini. “Kami tetap siaga melakukan penjagaan dan kami siapkan satu pos di sini untuk kelancaran arus balik,” kata Agus Jaya.

Dari 13 penumpang yang turun di Pelabuhan Benoa, semuanya membawa identitas lengkap. Selain itu, semua penumpang tersebut juga sudah membawa surat keterangan negatif Covid-19. Salah seorang penumpang asal Bima, Nusa Tenggara Barat, Asri Novitasari yang berangkat dari Bima mengaku sudah melengkapi dirinya dengan surat pemeriksaan Covid-19. Berdasarkan hasil pemeriksaan Imuno Serologi Sars Cov2 dengan metode lateral flow assay, dirinya dinyatakan negatif Covid-19. “Saya sudah siapkan semua surat-surat yang diperlukan sehingga perjalanan kembali ke perantauan tidak tersendat,” kata Asri. *mis

Komentar