nusabali

Bupati Gede Dana Pantau Vaksinasi Massal di Desa Datah

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-pantau-vaksinasi-massal-di-desa-datah

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana memantau jalannya percepatan vaksinasi massal di Balai Masyarakat Desa Datah, Banjar Tindih, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Minggu (16/5) sekitar pukul 08.00 Wita.

Percepatan vaksinasi di Kecamatan Abang menyasar 8.100 orang tersebar di enam desa yakni Desa Datah, Desa Bunutan, Desa Purwakerti, Desa Kerta Mandala, Desa Culik, dan Desa Labasari.

Bupati I Gede Dana turun temui masyarakat didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, Kadis Kesehatan dr I Gusti Bagus Putra Pertama MM, Camat Abang Ida Bagus Eka Ananta Wijaya, dan Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana. Hadir juga Kapolsek Abang AKP I Kadek Suardana. Bupati I Gede Dana turut meyakinkan masyarakat umur 18 tahun ke atas agar ikut program vaksinasi. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya penularan virus Covid-19 dan Karangasem menuju zona hijau.

Vaksin massal di Kecamatan Abang menggunakan astrazeneca. “Usai divaksin jika merasakan badan panas dan nyeri, jangan khawatir. Itu dampak dari reaksi vaksin untuk mencapai kekebalan tubuh yang diinginkan,” kata Bupati I Gede Dana. Secara teknis Kadis Kesehatan dr Gusti Bagus Putra Pertama menjelaskan, jika warga usai menjalani vaksinasi merasakan badan panas, nyeri, dan meriang segera minum obat penurun panas. “Tujuannya agar panas badan segera reda dan kekebalan tubuh terus terbentuk sehingga kebal dengan Covid-19,” kata dr Gusti Bagus Putra Pertama.

Bagi warga yang telah mengikuti program vaksinasi astrazeneca tahap I, untuk vaksin kedua mesti menunggu 8-12 minggu lagi. “Setelah kekebalan tubuh mulai terbentuk, maka divaksin yang kedua kali untuk kebutuhan kekebalan tubuh satu tahun,” jelasnya. dr Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, program percepatan vaksinasi di Karangasem telah menyasar 31.873 orang dari 40.000 orang yang jadi target. Guna mempercepat pelayanan program percepatan vaksinasi di Kecamatan Abang, Dinas Kesehatan menugaskan petugas Puskesmas dari 7 kecamatan turut membantu.

Misalnya Puskesmas Kecamatan Selat dipimpin dr I Gusti Lanang Udiyana membantu pelayanan percepatan vaksinasi massal di Banjar Tindih, Desa Datah. “Tetapi pelayanan vaksinasi di Kecamatan Selat tetap jalan, petugasnya telah dibagi-bagi,” kata dr Gusti Lanang Udiyana. Vaksinasi di Kecamatan Selat menyasar 8 desa. Telah menyasar 16.567 orang dari target 32.000 orang. “Vaksinasi di Kecamatan Selat jalan terus bahkan berbasis banjar. Berupaya mendekatkan pelayanan, terutama menyasar lansia,” katanya. Sepanjang ada akses internet, pelayanan vaksinasi dilakukan ke banjar-banjar. Sebab data yang masuk langsung terkoneksi ke pusat.*k16

Komentar