nusabali

Mural Edukasi Hiasi TOSS Center Karangdadi

  • www.nusabali.com-mural-edukasi-hiasi-toss-center-karangdadi

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung melakukan perbagai upaya untuk menata Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Salah satunya, pagar TOSS dihiasi mural. Selain untuk menghias tembok agar tampak asri dan indah, mural ini sarat pesan pendidikan atu edukasi.

Keasrian mural itu tampak dari pantauan NusaBali, Jumat (14/5). Beberapa konsep yang menjadi tema lukis mural ini, antara lain, cara memilah sampah yang baik sesuai aturan, ada konsep pencegahan penyebab terjadinya banjir yang diakibatkan oleh sampah, dan lainnya.

Desainer mural TOSS Center I Ketut Sumadi mengaku dalam sehari melukis bisa satu hingga empat blok selesai, apalagi sudah diberikan konsep oleh pihak Pemkab. Dia juga akan mengerjakan lukisan mural ini sesuai dengan intruksi dari konsep inovasi yang diberikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. "Target, selesai dalam waktu secepatnya. Apalagi sekarang sudah diberikan konsep oleh Bapak Bupati," ujar Sumadi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, selain keinginannya untuk mengoptimalkan sistem pengolahan sampah agar terus berjalan secara maksimal. Bupati saat ini juga tengah membuat mural edukasi yang berada di dinding depan TOSS Center. "Mural edukasi ini dibuat untuk memberikan pemahaman yang lebih agar kesadaran masyarakat memilah sampah dari rumah tentunya semakin meningkat," ujarnya.

Bupati Suwirta juga menambahkan adapun beberapa konsep yang dilukis dalam mural ini, diantaranya cara memilah sampah yang baik sesuai dengan aturan dan nanti juga ada konsep pencegahan penyebab terjadinya banjir yang diakibatkan oleh sampah. "Konsep-konsep ini dibuat dengan penuh inovasi, semoga apa yang kita lakukan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal dalam hal penanganan masalah sampah," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar