nusabali

Jurnalis Jembrana Gelar Aksi Peduli Lingkungan

  • www.nusabali.com-jurnalis-jembrana-gelar-aksi-peduli-lingkungan

NEGARA, NusaBali
Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam komunitas Jaringan Jurnalis Jembrana (JJJ) mengelar aksi peduli lingkungan berupa kegiatan mareresik (bersih-bersih) sampah plastik dan pelepasan tukik di Pantia Yeh Kuning, Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Kamis (30/3).

Selain aksi peduli lingkungan, dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 JJJ, ini juga diisi aksi sosial berupa pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Dalam kegiatan bersih-bersih, itu melibatkan peserta dari sejumlah organisasi pemuda, tokoh adat, dinas, dan masyarakat desa setempat. Berbagai kegiatan dalam rangakaian  acara tersebut, dihadiri oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama sejumlah perwakilan dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana. Khusus untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, melibatkan para tenaga medis dari RSUD Negara.

Dalam sambutannya, Bupati Tamba mengapresiasi kegiatan dari JJJ ini. Terlebih para jurnalis di Jembrana ini ikut terjun langsung dan bersama-sama mengajak berbagai komponen masyarakat dalam menangani persoalan sampah. Aksi nyata sepeti ini pun diharapkan menjadi penyemangat bagi organisasi-organisasi lainnya dalam menyongsong Jembrana Emas 2026. "Bantu kita mewujudkan Jembrana ke depan sesuai visi-misi kita, Jembrana yang bahagia. Tentu alam ini harus kita cetak lebih indah, asri dan hijau," ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengaku, saat ini Pemkab Jembrana telah membuat MoU atau nota kesepahaman dengan salah perusahaan swasta yang nantinya dapat menyelesaikan hingga 100.000 ton sampah yang menggunung di TPA Peh. Di samping itu, juga tetap dijalin kerjasama dengan Alliance to End Plastic Waste (AEPW) lewat program STOP yang sudah berjalan. "Saya masangi (berkaul) sama Pak Sekda, kalau masalah sampah bisa clear, kita akan nguling," ucapnya.

Dalam HUT ke-11 JJJ, Bupati Tamba berharap para insan pers di Jembrana dapat menjalin kerja sama yang baik. Menurutnya, pers merupakan penyambung lidah masyarakat yang juga dibutuhkan pemerintah untuk menyampaikan program-progam ke masyarakat. "Tentu pers kita butuhkan untuk menyampaikan program-program kerja kita kepada masyarakat. Selamat bekerja, sukses selalu. Mari kita bangun Jembrana bersama" pungkasnya. *ode

Komentar