nusabali

Kementerian Lingkungan Hidup Amerika Serikat Kunjungi TOSS Center

  • www.nusabali.com-kementerian-lingkungan-hidup-amerika-serikat-kunjungi-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Perwakilan Kedutaan Amerika Serikat dan United State Environmental Protection Agency (USEPA) atau Kementerian Lingkungan Hidup Amerika Serikat, Mark S Kasman, di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (6/4).

Kunjungan ini dalam rangka mengamati secara langsung proses pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik osaki dan pengolahan sampah plastik untuk didaur ulang dan dikelola melalui koperasi.

Kunjungan Mark S Kasman yang menjabat Director of Office of International Kementerian Lingkungan Hidup Amerika Serikat diantarkan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati. Kasman mengungkapkan rasa gembiranya karena bisa hadir langsung mengamati teknologi TOSS Center Klungkung. Dia pun mengaku siap memberi dukungan teknologi dan pengetahuan untuk pengembangan TOSS.

Bupati Suwirta mengatakan, TOSS saat ini telah mampu menyuplai pupuk organik osaki untuk petani. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Bali dalam mewujudkan pertanian organik. Menurut Bupati Suwirta, kunci keberhasilan teknologi TOSS Center adalah pemilahan sampah dari sumber. Jika sampah telah dipilah masuk ke TOSS Center maka proses pekerjaan akan semakin cepat. "TOSS Klungkung semakin sering mendapat perhatian dan kunjungan dari berbagai pihak. Hal ini semakin menguatkan komitmen kami dan membuat kami semakin bersemangat untuk terus mengembangkan pengolahan sampah dengan teknologi TOSS," ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar