nusabali

Menteri Lingkungan Republik Kongo Kunjungi TOSS Center

  • www.nusabali.com-menteri-lingkungan-republik-kongo-kunjungi-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Republik Kongo, Ms Arlette Soudan Nonault mengunjungi Tempat Olah Sampat Setempat (TOSS) Gema Santi di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Minggu (26/3).

Kedatangan Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Republik Kongo disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana, dan pihak terkait lainnya. Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Republik Kongo mengunjungi TOSS Centre karena tembus TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Sangat Terpuji Tahun 2022.

Bupati Suwirta menyampaikan, TOSS Gema Santi merupakan inovasi yang diciptakan pada tahun 2017. TOSS Gema Santi dibangun di lahan Provinsi Bali seluas 1,9 hektare. “Saat ini TOSS masuk TOP 5 kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut dipaparkan juga proses pengolahan sampah dari hulu hingga hilir. Bupati Suwirta selalu berkomitmen dengan apa yang diyakini, sebab TOSS ini sudah secara sistem dengan tetap mempertahkan dan mengembangkan metode pengolahan sampah seperti ini. "Pemilahan dari rumah adalah kunci utama keberhasilan pengolahan sampah," ucap Bupati Suwirta.

Soudan Nonault mengapresiasi pengolahan sampah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Klungkung. "Kedatangan kami ke sini karena tertarik dengan pengolahan sampah di Indonesia, khususnya di TOSS Center Kabupaten Klungkung ini," ujar Soudan Nonault

Soudan Nonault juga tertarik dengan hasil pengolahan sampah yang langsung dimanfaatkan sebagai kompos dan pelet. "ini betul-betul pengolahan sampah yang sangat efektif. Dari kunjungan ini akan kami coba terapkan di negeri kami," ujar Soudan Nonault. *wan

Komentar