nusabali

Menjemput Masa Depan Bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara

SMK Pusat Keunggulan (Centre Of Excellence)

  • www.nusabali.com-menjemput-masa-depan-bersama-smk-penerbangan-cakra-nusantara

DENPASAR, NusaBali.com
Indonesia memiliki Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang cukup besar diantaranya, mini/micro hydro sebesar 450 MW, Biomass 50 GW, energy surya 4,80 kWh/m2/hari, energi  angin 3-6 m/det dan energi nuklir 3 GW.

Komposisi Bahan Bakar Nabati sebesar 5%, Panas Bumi 5%, Biomasa, Nuklir, Air, Surya, dan Angin 5%, serta batubara yang dicairkan sebesar 2%. Untuk itu langkah-langkah yang akan diambil pemerintah adalah menambah kapasitas terpasang Pembangkit Listrik Mikro Hidro menjadi 2,846 MW pada tahun 2025, kapasitas terpasang Biomasa 180 MW pada tahun 2020, kapasitas terpasang angin (PLT Bayu) sebesar 0,97 GW pada tahun 2025, surya 0,87 GW pada tahun 2024, dan nuklir 4,2 GW pada tahun 2024. Total investasi yang diserap pengembangan EBT sampai tahun 2025 diproyeksikan sebesar 13,197 juta USD.

Berkaitan dengan perihal tersebut SMK Penerbangan Cakra Nusantara sebagai SMK Pusat Keunggulan ( Centre Of Excellence ) dalam implementasinya, berusaha turut berpartisipasi menyiapkan dan menyediakan SDM yang berkompeten di bidang Energi Baru Terbarukan di Bali dan di Indonesia Timur, dengan membuka kompetensi keahlian baru di bidang Energi Baru Terbarukan, hal ini juga sejalan dengan peraturan Gubernur Bali No 45/2019 tentang Bali Energi Bersih, dimana menjadikan provinsi Bali sebagai provinsi yang sangat progresif dalam peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan dan konservasi energi, semangat utama dari pergub ini adalah menjamin pemenuhan kebutuhan energi di Bali secara mandiri, ramah lingkungan, berkelanjutan, dan berkeadilan dengan menggunakan energi bersih.


Prospek kerja lulusan Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan terbilang cukup mumpuni dan luas. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pencarian akan sumber-sumber energi yang lebih ramah lingkungan pun semakin gencar. Seorang lulusan Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan dapat bekerja sebagai Ahli Rekayasa Energi BaruTerbarukan, Ahli manajemen energi dan Energi Baru Terbarukan, Ahli Sistem Solar Energi, Energi, Pelaku bisnis Energi BaruTerbarukan, dan Konsultan Energi Baru Terbarukan, PLN, Dinas Pertambangan dan Energi, Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Tenaga Mikro Hidro, Perusahaan Negara ataupun Swasta yang bergerak dalam bidang Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan serta Konsultan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Mikro Hydro dan Angin.

SMK Penerbangan Cakra akan terus menginspirasi dan berinovasi karena setiap anak adalah juara dan dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Vokasi maka akan memudahkan anak menjadi sukses, terbukti dan faktanya terbukti tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK se-Bali dengan 97% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali, yang meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK se-Bali dengan 84% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi pengangguran di Indonesia dan memberi kesempatan seluas-luasnya supaya remaja mempunyai jalan suksesnya dan tidak putus sekolah. Penerimaan Siswa Baru 2021 / 2022 dapat menghubungi nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.ppdbsmkpenerbangan.com.*

Komentar