nusabali

Tabanan Bangun Lumbung Pangan Rp 500 Juta

  • www.nusabali.com-tabanan-bangun-lumbung-pangan-rp-500-juta

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan melalui Dinas Ketahanan Pangan Tabanan kini membuat program Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan.

Lumbung pangan yang dibangun tersebut menyerupai gudang berkapasitas penampungan hasil pangan berupa gabah dan beras, 30 ton.  Anggaran pembangunan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 500 juta. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tabanan Dewa Ayu Putu Sri Widyanti menjelaskan lumbung pangan yang dibangun tersebut tempat penyimpanan dan pengelolaan pangan pokok sebagai cadangan pangan masyarakat. Bangunan yang dibuat menyerupai gudang dengan kapasitas cukup besar. “Di LPM ini juga akan dilengkapi lantai jemur serta RMU (Rice Milling Unit) atau penyosohan gabah,” jelasnya, Minggu (9/5).

Kata dia anggaran pembangunan LPM dianggarkan lewat DAK sebesar Rp 500 juta. LPM bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai potensi desa. “Dengan dibuatnya tempat penyimpanan ini diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan, dan kedaruratan pangan,” imbuh Widyanti.

Menurutnya, LPM ini akan dirawat oleh Gapoktan (Gabungan Kelompok Pertanian) setempat. Bangunan LPM ini pun akan digunakan untuk menyimpan gabah dan beras hasil dari Gapoktan setempat. “Dulu, hasil dari pertanian para petani disimpan sendiri-sendiri. Dengan adanya LMP  ini, maka hasil panen akan disimpan disini,” jelasnya. *des

Komentar