nusabali

Koperasi dan UMKM Serap 80 Persen Tenaga Kerja Saat Pandemi

  • www.nusabali.com-koperasi-dan-umkm-serap-80-persen-tenaga-kerja-saat-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Gerakan koperasi di Kota Denpasar di masa pandemi Covid-19 memiliki peran penting dan strategis karena 80 persen lebih tenaga kerja terserap di sektor koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Namun, sumber daya manusia (SDM) berkualitas tetap menjadi prioritas utama dalam membidani koperasi. Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Made Erwin Suryadarma Sena saat diwawancarai di sela-sela pembukaan Diklat Akuntansi Koperasi di Aula Kantor Diskop dan UMKM, Selasa (27/4) mengungkapkan, dengan peran strategis tersebut, Koperasi dan UMKM menjadi tumpuan bagi masyarakat untuk mempertahankan pendapatan mereka di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurut Erwin, Koperasi dan UMKM yang masih bertahan di tengah pandemi ini juga memerlukan tambahan pendidikan dan pelatihan (diklat) SDM akuntansi di kalangan koperasi sehingga kemampuan akuntansi yang bagus dan menggambarkan keberadaan keuangan dan aset koperasi dapat dipertanggung jawabkan.

Menurut Erwin Suryadarma, koperasi sebagai perusahaan berorientasi pada pengguna jasa (anggota) memiliki peranan stratrgis. Koperasi juga memiliki fungsi kuat sebagai badan usaha menaungi dan mempersatukan masyarakat kecil, organisasi, kelompok, pemerintah dan non pemerintah dalam menggerakkan ekonomi.

Sementara Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Ketut Pulig, mengatakan diklat SDM akuntansi pengelola koperasi se-Kota Denpasar diikuti 60 peserta dilaksanakan dua angkatan. Angkatan pertama dimulai Selasa (27/4) ini hingga 30 April mendatang diikuti 30 peserta. Lalu angkatan kedua digelar pada 3-6 Mei 2021.

Pelaksanaan diklat dibagi menjadi dua, yakni memberi pemahanan materi dilakukan di ruang pertemuan Diklat Koperasi UMKM Denpasar. Sementara praktik kerja lapangan dilakukan di KSU Desa Pemogan. ”Diklat SDM akuntansi koperasi ini dilaksanakan agar juru buku memiliki kemampuan serta kompetensi membuat laporan keuangan secara profesional dan akuntabel,’’ kata Pulig. *mis

Komentar