nusabali

Perbaikan Jalan Jebol di Desa Sekumpul Dianggarkan Rp 625 Juta

  • www.nusabali.com-perbaikan-jalan-jebol-di-desa-sekumpul-dianggarkan-rp-625-juta

SINGARAJA, NusaBali
Kondisi jalan rusak di desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng, segera mendapatkan perbaikan.

Jalan yang merupakan penghubung tiga desa di wilayah Kecamatan Sawan, yakni Desa Sekumpul, Desa Galungan dan Desa Lemukih, ini jebol pada sisi jalan akibat tergerus longsor beberapa waktu lalu.

Kondisi jalan yang rusak ini dikhawatirkan bisa mengakibatkan korban jiwa, mengingat jalan tersebut adalah akses utama warga sekitar dan merupakan jalur perekonomian warga desa setempat. Rusaknya ruas jalan kabupaten itu, kini mulai mendapat perhatian serius dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng.

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas PUTR Buleleng telah menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp 625 juta untuk perbaikan dan penguatan jalan tersebut. Kini perbaikan ruas jalan kabupaten di Desa Sekumpul tersebut masih dalam tahap tender di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Buleleng.

Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra mengatakan, pagu anggaran sebesar Rp 625 juta sudah masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Direncanakan pada akhir April 2021 nanti sudah ditentukan pemenang tender. "Semoga tidak gagal tender. Setelah ada pemenang, kami akan segera kerjakan paket perbaikan jalan di Desa Sekumpul," ungkapnya, Minggu (21/3) siang.

Selain perbaikan, akan dilakukan juga penguatan pada penyender ruas jalan tersebut. Ini dilakukan mengingat, ruas jalan di Desa Sekumpul ini kerap kali jebol pada saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Terlebih, saluran air yang alirannya tidak lancar. Sehingga air meluber ke jalan dan merusak jalan hingga jebol.

"Saluran air ini juga diperbaiki sekaligus dengan penguatan jalan. Kami akan perbaiki dulu saluran airnya biar lancar lalu perbaikan serta penguatan jalan. Diharapkan, nanti ketika hujan deras tidak jebol lagi," tandas Adiptha Ekaputra.

Sembari menunggu, perbaikan sementara ruas jalan tersebut dilakukan pada hari Jumat (19/3) lalu. Perbaikan dilakukan scara gotong oleh sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUTR, staf Kecamatan Sawan, dan masyarakat dari tiga desa yang dihubungkan oleh jalan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi menjelaskan, perbaikan darurat ini dilakukan karena jalan ini merupakan jalan penghubung tiga desa yang juga sebagai jalur perekonomian warga di tiga desa tersebut. Setelah perbaikan sementara, kendaraan roda dua maupun roda empat sudah bisa melintasi jalan itu.

BPBD Buleleng dalam perbaikan sementara menurunkan sebanyak 10 personel, dibantu juga dari Dinas PUTR sebanyak 10 personel, ada juga dari pihak Kecamatan Sawan dan warga di 3 desa. "Kami juga bantu penyediaan kampil untuk diisi pasir sebagai penyangga jalan. Dan pihak kecamatan dan desa juga ada menyumbang terpal, agar jalan saar diguyur hujan tidak jebol lagi," jelas Ariadi Pribadi. *m

Komentar