nusabali

Perbatasan Klungkung-Gianyar Dikelola Dinas LHP

  • www.nusabali.com-perbatasan-klungkung-gianyar-dikelola-dinas-lhp

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan tanggungjawab pengelolaan rest area Goa Jepang di Desa/Kecamatan Banjarangkan, kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP).

Dinas ini juga diminta mengelola rest area perbatasan Klungkung - Gianyar, di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan. Bupai Suwirta menegaskan itu saat berkunjung di dua lokasi tersebut,  Kamis (11/3) pagi. ‘’Pengelolaan ini untuk memastikan perawatan dan pemeliharaan aset tersebut,’’ ujar Bupati Suwirta, didampingi Ny Ayu Suwirta. Dalam kunjungan itu, Bupati melibatkan

Kepala Dinas LHP Klungkung I Ketut Suadnyana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung I Made Jati Laksana, dan Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana.

Bupati Suwirta minta kepada jajaran agar pemeliharaan aset ini dapat dilaksanakan dengan efektif. Maka tugas pemeliharaan akan diserahkan ke Dinas LHP,  mengingat ketersediaan SDM dinas tersebut lebih memadai. Dijelaskan, dari aspek pemanfaatan, rest area ini belum masuk sebagai objek wisata yang dikenakan retribusi. "Dengan demikian pemeliharaan terhadap aset ini menjadi pekerjaan gotong royong dinas-dinas terkait," jelas Bupati Suwirta.

Misalnya, papar Bupati, Dinas Perhubungan untuk lampu penerangan jalan, Dinas PUPR untuk perencanaan dan teknis. Sedangkan bidang kebersihan dan keasrian lokasi ini menjadi tugas Dinas LHP.

Bupati Suwirta juga menyampaikan agar rest area di Kabupaten Klungkung dapat dirawat dengan baik. Sehingga lokasi ini dapat digunakan untuk beristirahat dan  foto selfie untuk dipakai kenang-kenangan. “Setiap rupiah investasi di rest area tersebut harus dapat dipelihara dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.

Guna mewujudkan hal tersebut, maka pertamanan di tempat ini harus ditata dengan baik dan tetap dijaga kebersihannya. Infrastruktur yang ada di rest area tetap dirawat dengan baik. Bupati meminta masyarakat Klungkung maupun pengunjung agar sama-sama merawat dan mempunyai rasa memiliki pada rest area yang ada di Kabupaten Klungkung.

Kedepannya, menurut Bupati, lokasi tersebut juga dipasangi CCTV untuk memantau jika ada tangan-tangan jahil. Selain itu, mengawasi penerangan yang terpasang pada daerah sekitar rest area. *wan

Komentar