nusabali

Tagana Tanam 1.000 Pohon di Siyut dan Tegallalang

  • www.nusabali.com-tagana-tanam-1000-pohon-di-siyut-dan-tegallalang

GIANYAR, NusaBali
Taruna Tangguh Bencana (Tagana) mengadakan kegiatan bakti sosial dengan menanam 1.000 pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan bencana alam.

Kegiatan tersebut dipusatkan di dua lokasi yakni Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar dan di Desa/Kecamatan Tegallalang. Kegiatan ini serangkaian peringatan hari jadi ke-17 tahun Tagana. "Kami juga adakan kegiatan berupa bersih-bersih pantai dan penanaman pohon karena sesuai tupoksi tagana," jelas Kepala Dinas Sosial Gianyar Anak Agung Ari Putri, didampingi Kabid Perlindungan Sosial Bencana Alam, Dinsos Gianyar, Heni Sriwahju, Minggu (7/3).

Dikatakan, Tagana ini dibentuk Kementerian Sosial, di bawah naungan Dinas Sosial. Peran Tagana selama ini cukup aktif dalam membantu pemerintah menangani kebencanaan di wilayah Gianyar. "Kami ada 62 anggota yang tersebar di seluruh kecamatan, aktif sekali membantu pemerintah baik bencana sosial mapun bencana alam, seperti awal-awal pandemi Covid-19," ungkapnya.

Selama pandemi Covid-19, Tagana membantu pemerintah dalam mengurusi pekerja migran Indonesia (PMI) dalam isolasi mandiri. Anggota Tagana berjaga siang dan malam dan mendistribusikan konsumsi selama PMI di karantina, "Meski mereka tidak digaji karena relawan, namun semangat mereka sangat luarbiasa membuat saya haru," jelasnya.

Selain membantu BPBD dalam menangani bencana, juga dalam pendistribusian sembako oleh Pemkab Gianyar kepada masyarakat yang terdampak.

Bendesa Adat Tulikup Kelod I Nyoman Sukara menyampaikan terimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan Tagana ini. Kata dia, lokasi kegiatan ini tepat mengingat Pantai Siyut tidak hanya menjadi lokasi pamelastian, juga tempat mayarakat untuk berekreasi. ‘’Tentu amat senang, ketika warga dating, pantai tampak bersih," jelasnya.

Perbekel Desa Tulikup I Made Ardika juga mengharapkan penanaman pohon ini akan berdampak bagi lingkungan Pantai Siyut yang mengalami abrasi makin parah. "Semoga penaman pohon ini bisa membantu memperbaiki lingkungan Pantai Siyut," jelasnya.*nvi

Komentar