nusabali

Dir Lantas Serahkan Modul Pembelajaran Berlalulintas

  • www.nusabali.com-dir-lantas-serahkan-modul-pembelajaran-berlalulintas

DENPASAR, NusaBali
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali menyerahkan buku modul dan Pin Polantas kepada perwakilan guru PPKN SMA/SMK, peserta PLL Se-Provinsi Bali serta Kanit Dikyasa Polres Jajaran.

Penyerahan modul yang dipimpin oleh Dir Lantas Polda Bali, Kombes Indra ini dilaksanakan di ruang Rupatama Ditlantas Polda Bali, Selasa (23/2).  Usai acara, Kombes Indra menerangkan, penyerahan buku modul ini merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama antara Ditlantas Polda Bali yang menggandeng Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Provinsi Bali. Kerjasama ini meliputi insersi keselamatan berlalu-lintas dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. "Penyerahan modul ini sebagai panduan bagi guru dalam memberikan pelajaran tentang peraturan berlalulintas kepada para murid nantinya," ujarnya.  

Perwira melati tiga dipundak itu kembali menuturkan, penyerahan modul ini memberikan gambaran bahwa korban kecelakaan lalu lintas sebagian besar dialami kaum milenial. Dimana, kaum milenial setiap tahunnya tercatat sebagai penyumbang terbanyak laka, disamping pekerja swasta dan PNS.

Kombes Indra mengatakan meningkatnya kecelakaan yang dilakukan para milenial usia remaja ini disebabkan banyak faktor. Antara lain, tidak mematuhi batas kecepatan, menyalip tanpa memperhatikan kondisi lalu lintas, ugal-ugalan, menerobos lampu Traffic light, tidak memperhatikan situasi saat membelok dan memutar arah. "Sebagaimana diketahui, kecelakaan selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas. Pada kenyataannya, sebagian besar kecelakaan ini dialami kaum milenial," tegasnya.

Ia pun berharap dengan pembagian buku modul dan Pin Polantas ini dapat mewujudkan kamseltibcarlantas menuju Polri yang Presisi di tahun 2021. Para peserta didik diminta untuk terus mentaati serta menerapkan peraturan lalu lintas yang selamat, aman dan nyaman.

"Kami dari Ditlantas Polda Bali dan jajaran akan turut serta mewujudkan pembentukan karakter untuk kaum melenial agar dapat memahami nilai positif dari pentingnya arti etika dan budaya tertib berlalu lintas dalam sebuah kehidupan," imbuhnya. *rez

Komentar