nusabali

Selama PPKM Masih Ditemukan Pelanggar Prokes

  • www.nusabali.com-selama-ppkm-masih-ditemukan-pelanggar-prokes

DENPASAR, NusaBali
Sejak digelar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai Senin (11/1), masih banyak ditemukan pelanggar protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Meski pelanggaran yang dijumpai di lapangan adalah pelanggaran ringan namun tetap menjadi atensi.  Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, mengatakan kepolisian menindaklanjuti PPKM yang digelar sejak 11 Januari sampai 25 Januari 2020. Polisi melaksanakan pengamanan secara terpadu bersama personel TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Satgas Penanganan Covid-19, dan instansi terkait lainnya.

“Kami tetap melakukan kegiatan penegakan disiplin dan penegakan hukum. Terutama untuk mematuhi ketentuan-ketentuan dalam PPKM,” ungkap Kombes Jansen, beberapa waktu lalu.

Secara umum, ungkap Kombes Jansen, masyarakat di wilayah hukum Polresta Denpasar sudah tertib. Tapi masih ada masyarakat yang ditemukan melanggar. Pelanggaran yang ditemukan pelanggaran ringan. Misalnya tidak pakai masker dan tidak menggunakan masker secara benar.

“Cuma yang perlu diantisipasi walaupun sudah digelar PPKM, faktanya angka penyebaran Covid-19 terus ada setiap harinya. Jumlahnya masih terbilang tinggi. Sehingga perlu keseriusan semua pihak termasuk masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya dalam menerapkan prokes,” tuturnya.

Masyarakat diimbau agar betul-betul menerapkan prokes pencegahan Covid-19. Karena saat ini banyak dijumpai klaster keluarga. Artinya saat tiba di rumah setelah bepergian, segera membersihkan badan terlebih dahulu. Sebelum kontak dengan anggota keluarga diharapkan untuk sterilisasi terlebih dahulu.

“Cuci tangan dan ganti baju terlebih dahulu sebelum bercengkerama dengan anggota keluarga di rumah. Hal ini yang kadang-kadang terlupakan. Intinya walaupun di lingkungan keluarga agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandas Kombes Jansen. *pol

Komentar