nusabali

Terganggu Corona, Ujicoba Timnas U-19 Kian Tak Pasti

  • www.nusabali.com-terganggu-corona-ujicoba-timnas-u-19-kian-tak-pasti

JAKARTA, NusaBali
PSSI masih menunggu jadwal ujicoba Timnas Indonesia U-19 yang terbaru. Pasalnya, semua tergantung perkembangan pandemi virus Corona di Spanyol.

Karena hal itu, ujicoba Timnas U-19 kian tak pasti. Bahkan lawan Gimnastic Tarragona pada Kamis (7/1) kembali tertunda untuk kedua kalinya.

Selain menjalani pemusatan latihan, skuad Garuda Nusantara direncanakan melakoni beberapa agenda ujicoba hingga 31 Januari. Tiga laga uji coba yang diagendakan pun batal.

Garuda Muda dijadwalkan melawan Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu U-19, Sabadell U-19, Ceuta U-19, serta Arab Saudi U-19.

Namun dari yang dijadwalkan sejak 3 Januari lalu belum ada satu pun yang terlaksana karena situasi pendami virus Corona. Imbasnya, skuad Shin Tae-yong harus menunggu ketersediaan tim lawan.

"Jadi hingga saat ini masih belum dapat beruji coba. Para pemain terus berlatih dengan baik dan selalu bekerja keras," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dalam laman PSSI, Jumat (8/1).

Sedangkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap para pemain terus bersemangat dan terus bekerja keras. Pasalnya, TC Spanyol juga dijadikan ajang untuk menambah pengalaman, skill, fisik serta teknik sepakbola Iriawan. Iriawan berharap Timnas U-19 tidak jenuh selama pemusatan latihan di Spanyol.

Sementara itu, pelatih kepala Shin Tae-yong membuka peluang mempromosikan pemain Timnas U-19 ke U-23 maupun Senior. Dia menilai ada beberapa pemain Garuda Muda layak naik kelas.

Hal itu ia ungkapkan terkait nasib para pemain Timnas U-19 yang kini pupus tampil di Piala Dunia U-20 karena ditunda ke 2023. Mayoritas pemain Timnas U-19 saat ini sudah akan berusia lebih dari 20 tahun pada 2023.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengenal betul kualitas para pemain Timnas U-19, setelah satu tahun memimpin latihan mulai dari awal tahun 2020. Penundaan Piala Dunia U-20 pun cukup disayangkan Shin Tae-yong mengingat berbagai persiapan yang dilakukan.

"Sayang sekali pemain Timnas U-19 sekarang tak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023. Tapi beberapa dari mereka bisa diberdayakan ke Timnas A (senior). Pemain muda yang dilatih dengan baik dapat menambah kualitas timnas di masa depan," kata Shin Tae-yong dikutip dari Chosun. *ant

Komentar