nusabali

Klungkung Rancang e-Arsip

  • www.nusabali.com-klungkung-rancang-e-arsip

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) bidang Kearsipan.

Bimtek ini serangkaian rencana Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akan merancang e-Arsip sebagai implementasi kearsipan modern dan handal.

Bimtek digelar secara virtual melalui zoom meeting ini dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (7/1) pagi.

Bimtek tersebut menindaklanjuti laporan Kementerian PANRB Nomor B/423/RB 06/2019 tentang hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2019. Selain itu, serangkaian percepatan implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), dan meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan di Pemkab Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan arsip merupakan hal sangat penting hingga harus ditata sebaik-baiknya. Bupati meminta kepada setiap OPD dan bagian harus bisa menata arsip secara mandiri dengan pengelolaan ruangan dengan baik. "Penataan arsip harus mulai dari penataan tempat dengan memanfaatkan ruang yang harus jadi perhatian," ujar Bupati Suwirta

Bupati juga akan merancang e-Arsip sebagai implementasi kearsipan modern dan handal secara digital sesuai aturan dan digitalisasi arsip. Langkah ini agar sasaran birokrasi yang kapabel dapat terwujud. "Jangan biarkan kantor dipenuhi kertas, rapikan arsip," imbuhnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung I Komang Gde Wisnuadi mengatakan, adapun tujuan bimtek kearsipan untuk membangun kapasitas dan mengupayakan meningkatkan kualitas tata kelola kearsipan di lingkungan Pemkab Klungkung. Selain itu, mempercepat manajemen kearsipan mordern dan handal melalui sistem kearsipan dinamis.

Bimtek diikuti 39 peserta dari semua OPD dengan materi pengelolaan arsip dinamis, teknis implementasi SIKD, dan pengawasan kearsipan Internal. "Setelah sosialisasi bimtek kearsipan akan diadakan monitoring dan evaluasi kearsipan di masing-masing OPD," ujar Wisnuadi. *wan

Komentar