nusabali

Mantan Kapolda Bali Petrus Golose Naik Pangkat Menjadi Komjen

  • www.nusabali.com-mantan-kapolda-bali-petrus-golose-naik-pangkat-menjadi-komjen

JAKARTA, NusaBali
Mantan Kapolda Bali Petrus Reinhard Golose resmi mendapatkan kenaikan pangkat  dari Inspektur Jenderal (bintang dua) menjadi Komisaris Jenderal (bintang tiga) setelah mengemban amanat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional per 23 Desember 2020.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis resmi menaikkan pangkat Golose dalam upacara kenaikan pangkat yang digelar di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/1/2021).  Polisi kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 27 November 1965, ini merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988. Dalam dunia korps berbaju coklat, Golose merupakan satu di antara sederet nama perwira yang diperhitungkan. Dalam bidang reserse, dia tercatat ikut melumpuhkan gembong teroris kelas wahid, yakni Dr Azhari pada 2005. Saat itu, ia tergabung dalam Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Sebagai Kapolda Bali, Golose pun disayang karma Bali. Rekam jejaknya konsisten menyikat premanisme dan nartkotika. Sosok yang kini bergelar lengkap Komjen Dr Drs Petrus Reinhard Golose MM ini memimpin Polda Bali selama empat tahun, bukan saja terlama dalam sejarah Polda Bali, melainkan juga menjadi jabatan terlama di antara seluruh Kapolda di Indonesia.

Dalam upacara kenmaikan pangkat Selasa (5/1/2021), tercatat ada 14 perwira tinggi yang naik pangkat terdiri dari empat pati naik pangkat ke Irjen dan 10 pati naik pangkat ke Brigjen. Kemudian ada 31 perwira menengah yang naik pangkat dari AKBP menjadi Komisaris Besar. Empat pati yang naik pangkat ke Irjen yakni Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Irlan, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Jaya Subriyanto, Pati SSDM Polri penugasan Lemhanas Irjen Pol Agus Sukamso dan Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Ruslan.

Sepuluh pati Brigjen yaitu Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Prihanto Rudiono, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Borent, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Hendi Handoko, Pati Lemdiklat Polri penugasan Lemhanas Brigjen Pol Agus Sadono, Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Ahmad Subarkah, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Atang Heradi. Kemudian Dirsosbud Baintelkam Polri Brigjen Pol Arif Rahman, Psikolog Kepolisian Utama Tk. II SSDM Polri Brigjen Pol Nyoman Lastika, Karopsi SSDM Polri Brigjen Pol Kristiyono dan Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Roma Hutajulu.

Dari sejumlah pati dan pamen yang naik pangkat tersebut, tercatat ada tiga pati dan tujuh pamen ditugaskan di luar struktur Polri. Kenaikan pangkat tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/995-996/XII/KEP./2020 tertanggal 29 Desember 2020.*ant

loading...

Komentar