nusabali

Batasan Umur Dipastikan, Banyak Atlet Voli Tak Siap

  • www.nusabali.com-batasan-umur-dipastikan-banyak-atlet-voli-tak-siap

MANGUPURA, NusaBali
Pengkab PBVSI Badung mengakui banyak atlet dan daerah tak siap, jika batasan umur atlet dipaksakan maksimal usia 20 tahun pada Porprov Bali XV/2022.

Menurutnya, wacana pembatasan umur dari KONI Bali dinilai sangat bagus.   Namun sejumlah daerah diyakini tidak siap menjalankan hal tersebut.  Apalagi sebagian daerah mulai membentuk tim bayangan menuju Porprov. Sehingga mereka memakai patokan umur sebelumnya diatas 20 tahun.

"Kami pertegas Badung sangat siap untuk itu. Meskipun sebagai tuan rumah, banyak regenerasi pemain voli di Badung. Jadi pertimbangan daerah lainnya. Juga harus dipikirkan, kalau kami Badung siap-siap saja soal batasan umur," ucap Ketua Pengkab PBVSI Badung, AA Kusimantara, Jumat (4/12).

Menurut AA Kusimantara, yang juga salah satu pengurus PBVSI Bali itu, selama ini hajatan Porprov Bali ajang pembentukan atlet di setiap cabor di Bali. Kalau memang KONI Bali mengharuskan batasan umur 20 tahun, memang bagus demi jenjang atlet berprestasi lebih baik lagi.

“Hanya saja yang harus dipikirkan juga kabupaten lain yang pola pembinaan dan  memiliki anggaran berbeda-berbeda,”kata Sukarno.

Kemampuan daerah tentunya berbeda, baik sisi anggaran. Hal itu sangat berpengaruh terhadap pembinaan. Jik dipaksakan dipakai batasan umur 20 tahun, Sukarno yakin hanya beberapa kabupaten yang ikut Porprov.

Atlet lainnya tentu akan banyak terancam tidak bisa tampil di Porprov. Apalagi kondisi Pandemi Covid-19. Membentuk atlet tidak bisa dalan 1 tahun. Apalagi latihan atlet sangat terbatas.

"Kami pertegas PBVSI Badung sangat siap. Tapi untuk saat ini bicara olahraga itu harus utuh untuk semua daerah di Bali," kata Kusimantara.

Pria yang juga jaksa di NTB itu menambahkan, daerah lain juga harus menjadi pemikiran bersama. Terutama kesiapan menerjunkan atlet lebih muda. Badung selama ini dikenal sebagai penguasa cabor voli di Porprov, sehingga jadi langganan tiga kali beruntun sebagai juara umum.

Baik di voli pantai dan voli indoor. Itu tak lepas dari banyaknya pebola voli di gumi keris tersebut. Sehingga Badung selalu banyak opsi untuk menurunkan atletnya di multi event dua tahun antar Kabupaten/Kota di Bali.  *dek

Komentar