nusabali

Seluruh Desa Salurkan BLT DD Tepat Waktu

  • www.nusabali.com-seluruh-desa-salurkan-blt-dd-tepat-waktu

GIANYAR, NusaBali
Seluruhnya atau 64 desa di Gianyar mendapatkan penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Penghargaan ini atas kinerja penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang tepat waktu.
Bupati Gianyar I Made 'Agus' Mahayastra, Selasa (2/12) mengatakan, penghargaan itu berkat kerja keras semua pihak untuk kepentingan masyarakat ditengah pandemi. "Ini juga berkat kerja keras para perbekel yang mengikuti segala arahan dari saya untuk bergerak cepat mendahulukan kepentingan rakyat," ujar Mahayastra.

Bupati ini mengklaim Gianyar mendapatkan penghargaan tercepat di tingkat nasional dalam mencairkan BLT yakni Desa Peliatan, Kecamatan Ubud.

Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat dan Desa Gianya,r Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan, penghargaan tersebut karena penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa/BLT DD tepat waktu. Dimaksud tepat waktu karena sesuai Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Menteri Desa PDDT. Pencairan BLT Dana Desa tahap  I pada April, Mei dan Juni 2020. Desa desa di Gianyar pada bulan tersebut sudah mentransfer BLT ke rekening masyarakat yang berhak menerima sesuai mudes.

Kata Ngakan Adi, BLT DD tahap I untuk 9.334 orang, bernilai Rp 16.801.200.000.  Selanjutnya tahap II pada Juli, Agustus dan September untuk 9.098 penerima dengan nilai Rp 8.188.200.000. "Terakhir, tahap tiga, Oktober, November, Desember 2020, Sedang berlangsung pencairannya," jelasnya.

Kata dia, nama-nama penerima BLT DD tahap I, II Dan III, tergantung hasil usulan kepala dusun dan disetujui perbekel. Total nilai yang diterima oleh masyarakat juga berbeda. Tahap I 9.334 penerima, tiap orang menerima Rp 600.000 per bulan. Tahap II sebanyak 9.098, mereka menerima Rp 300.000 per orang per bulan. "Tahap III, menerima Rp 200.000 - Rp 300.000 per orang per bulan, tergantung sisa dana desa yang bisa dialokasikan," ujarnya. *nvi

loading...

Komentar