nusabali

Kabaddi Masuk Ekshibisi PON Papua

  • www.nusabali.com-kabaddi-masuk-ekshibisi-pon-papua

DENPASAR, NusaBali
Kabaddi menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan pada ekshibisi di PON Papua XX/2021.

Bahkan pihak Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Pusat sudah melakukan presentasi dengan KONI Pusat. Seluruh persiapan cabor sudah disampaikan dan mendapat persetujuan KONI Pusat.

"Dari arahan KONI Pusat, kita menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan ekshibisi di PON Papua. Persetujuan ini tentu kami sangat apresiasi. Dan, kami sudah bersiap membuat panduan peraturan cabor Kabaddi di PON Papua," ungkap Sekjen FOKSI Pusat, Maryoto Subekti, Rabu (18/11).

Menurut Maryoto Subekti, tempat sudah disiapkan di Universitas Cendrawasih.  Yakni, dengan menggelar empat nomor atau medali medali emas. Kategori Kabaddi indoor, dan kategori seven for five. Semuanya mempertandingkan katehori putra dan putri,  dengan 4 medali emas yang diperebutkan.

Waketum KONI Bali itu menegaskan, dari koordinasi dengan pihak tuan rumah Papua, tempat sudah pasti fix di Universitas Cendrawasih. Hanya saja untuk peserta dari arahan KONI Pusat memang sedikit dibatasi.

Untuk itu ada kemungkinan sebelum dipertandingkan secara ekshibisi, nanti ada Pra PON mini atau pembagian kuota wilayah dan bisa saja kemungkinan menggunakan perangkingan secara nasional.

Hanya saja semua itu akan diputuskan pada Rapat Nasional (Rakernas). Opsi mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan. Agar bisa diterima semua daerah yang ingin tampil mengutus atletnya di Cabor Kabaddi.

"Saya yakin meskipun baru sebatas ekshibisi, tapi antusias pasti sangat tinggi. Formula tim yang boleh tampil, itu masih akan dibicarakan pada Rakernas nanti," tandas Maryoto Subekti. Yang jelas ini sangat bagus sebagai pintu masuk untuk dapat dipertandingkan resmi pada PON berikutnya. PON selanjutnya akan digelar di Sumatera dan Aceh. Harapannya, cabor Kabaddi pada saat itu sudah dipertandingkan secara resmi di multi event empat tahunan antar Provinsi.

"Kedepan kita harus lebih konsisten lagi dalam konteks pembinaan atlet. Event akan diperbanyak, baik di junior dan senior. Dan, mari dulu sama-sama sukseskan cabor Kabaddi bisa dipertandingkan secara ekshibisi. Arah selanjutnya pasti dipertandingkan resmi di PON selanjutnya. Tahapan ini mari kita dukung bersama, karena ini bagus untuk Kabaddi kedepannya," papar Maryoto Subekti. *dek

loading...

Komentar