nusabali

Ritel Siap 'Jual' Produk UMKM

Gung Agra Kembali Pimpin Aprindo Bali

  • www.nusabali.com-ritel-siap-jual-produk-umkm

DENPASAR, NusaBali
DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Bali siap melakukan pendekatan kepada ritel-ritel berjejaring regional untuk memfasilitasi pemasaran dan produk UMKM Bali.

Tujuannya untuk pemberdayaan UMKM, yang selama ini tak kunjung lepas dari persoalan klasik. Salah satunya pemasaran dan distribusi produk.  Hal tersebut disampaikan  Anak Agung Ngurah Agung Agra Putra, Minggu(8/11),  pasca terpilih kembali memimpin DPD Aprindo Bali periode 2020-2024.

Kualitas produk UMKM Bali, kata Gung Agra, tidak kalah dengan produk luar. Namun keunggulan tersebut terbentur belum mampu memberi dampak maksimal karena terbentur distribusi dan pemasaran. “Pada posisi itulah kami Aprindo Bali akan berusaha memfasilitasi UMKM, sehingga bisa dibantu dipasarkan oleh teman- teman ritel yang punya jaringan luas,” ujar pengusaha muda asal Puri Gerenceng, Denpasar.

Dikatakan Gung Agra, pemasaran produk UMKM Bali saat ini hanya bertumpu pada pemasaran lokal saja. Dengan kata lain, masih bermain pada uang beredar di Bali. Dengan bantuan fasilitasi ritel berjejaring nasional dan regional, jangkauan pemasaran produk UMKM Bali bisa semakin luas.

Harapannya, ketergantungan pada sektor pariwisata bisa dikurangi. Sehingga ketika sektor pariwisata terpuruk seperti saat ini, sektor usaha lain masih bisa ‘menyelamatkan’ perekonomian Bali. “Kita jangan sekarang seperti menaruh telur dalam satu keranjang. Satu rusak akhirnya melebar ke yang lainnya,” ujarnya.

Namun demikian dia mengingatkan, UMKM tentu harus berkomitmen kuat agar tetap menjaga konsistensi kualitas produk. “Sehingga saling menguntungkan antara UMKM dan ritel,” ujarnya.

Diakui keinginan tersebut merupakan pekerjaan berat. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, di mana industri ritel juga terkena imbasnya.  Tetap tegas Gung Agra, memang semua harus diperjuangkan. Walau tidak gampang. “Itu keinginan kami nanti di Aprindo Bali,” tegasnya.

Gung Agra terpilih kembali menahkodai DPD Aprindo Bali pada Musda yang dilaksanakan secara daring dari  Jakarta. Selain APD Aprindo Bali, ada empat DPD yang juga melakukan pemilihan Ketua DPD Aprindo yang pelaksanannya digelar bareng. Ke-4 Aprindo tersebut,  DPD Aprindo Sumatera Barat,  Jawa Barat, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Pimpinan sidang Musda Aprindo Bali dipimpin I Made Samba, didampingi H Ichwan Eko dan Ida Bagus Werdibudaya, masing-masing sebagai anggota. Gung Agra terpilih secara aklamasi. “Matur suksma, tiyang dipercaya diberi amanat lagi,” ujar sarjana teknik ini. *k17

Komentar