nusabali

Perintah Suara di Wuling Almaz Bikin Mudah Segalanya

  • www.nusabali.com-perintah-suara-di-wuling-almaz-bikin-mudah-segalanya

DENPASAR, NusaBali
Kebiasaan contactless di masa pandemi Covid-19 ternyata sudah diterapkan pada mobil-mobil premium. Saat dibenamkannya teknologi voice command (perintah suara) tak terpikirkan akan adanya pandemi, ternyata trend nir sentuhan  malah menjadi kebiasaan baru.

Bukan hanya mobil premium berbandrol miliaran rupiah, pabrikan Wuling Motors (Wuling) sejak setahun silam juga mengaplikasikannya pada Almaz. Produk SUV (Sport Utility Vehicle / Kendaraan Utilitas Sport) ini malah melampaui produk premium lainnya yang masih mengaplikasikan voice command dalam bahasa Inggris. “Di Almaz, voice command-nya sudah bisa pakai bahasa Indonesia,” kata Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors, Jumat (6/11).

Perintah suara ini, lanjut Brian Gomgom, disebut dengan Wuling Indonesian Command (WIND).   Teknologi WIND mengaplikasikan inovasi perintah suara interaktif yang dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari. “Teknologi ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan,” kata Brian Gomgom.

Alhasil, ketika mereka yang di dalam mobil ingin menyalakan atau  mematikan pendingin udara bisa tinggal bicara saja. Perintah suara juga bisa dilakukan untuk  jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, hingga informasi waktu dan tanggal.

Wuling sendiri, kata Brian Gomgom, sesuai tagline ‘Drive Unlimited Way’ menonjolkan konsep smart and technology SUV. “Beragama keunggulannya mulai dari smart ecosystem dengan WIND, mesin turbo yang bertenaga, CVT yang smooth dan responsif, fitur yang modern dan stylish design,” terang Brian.

WIND merupakan inovasi perintah suara yang canggih dan berbahasa Indonesia. Baik Almaz dan WIND ini juga sudah memperoleh sambutan yang hangat di pasar otomotif Tanah Air.

Perihal spesifikasi, Almaz diperkuat dengan mesin 1.500cc turbocharged yang memproduksi tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT dengan pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-speed manual simulation yang responsif. Selain itu, Almaz juga hadir dengan opsi transmisi manual 6-percepatan.

Beralih ke sisi fitur, Medium SUV Wuling ini diakomodasi dengan panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, hingga sound system keluaran Infinity by Harman. Peranti keselamatan yang lengkap pun turut dihadirkan untuk melindungi pengguna ketika berkendara meliputi kamera 360, 6 sensor parkir, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Emergency Stop Signal (ESS), sistem pengereman ABS, EBD, BA, hingga front and side airbag.

Menariknya, smart technology SUV ini diproduksi di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. “Pabrik ini mengaplikasikan Global Manufacturing System (GMS), dilengkapi dengan fasilitas produksi terintegrasi dan berteknologi modern yang memberikan kualitas terbaik. Selain itu, platform dari model SUV ini juga telah digunakan di berbagai negara,” kata Brian.

Untuk di Bali, Wuling didukung dengan lima jaringan diler, yakni Wuling Hanawa Tabanan, Wuling Hanawa Denpasar Gatot Subroto, Wuling Hanawa Badung, Wuling Kumala Gianyar, dan Wuling Kumala Gatot Subroto Denpasar.*mao

Komentar