nusabali

Pol PP Badung Berangus Puluhan Baliho dan Spanduk di Kuta

  • www.nusabali.com-pol-pp-badung-berangus-puluhan-baliho-dan-spanduk-di-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung menurunkan 61 baliho dan spanduk yang tersebar di Kecamatan Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (6/10) sore.

Dari total keseluruhan baliho dan spanduk itu yang terbanyak adalah alat peraga sosialisasi dan alat peraga kampanye (APK) Cabup-Cawabup Badung yang dipasang tidak sesuai ketentuan dari KPU Badung.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan rincian baliho dan spanduk yang diturunkan terbanyak di wilayah Kecamatan Kuta, yakni 55 buah yang terdiri dari 44 baliho dan 11 spanduk.

Untuk baliho dan spanduk yang diturunkan itu sebagai besarnya alat peraga sosialisasi dan APK kandidat calon di Pilkada 2020. “Totalnya ada 43 baliho dan 1 baliho ucapan hari raya. Kemudian ada 11 spanduk,” ungkap Agung Suryanegara, Rabu (7/10) siang.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Suryanegara mengaku pihaknya berhasil menurunkan 5 baliho dan 1 spanduk dengaan rincian, yakni 3 baliho alat peraga sosialisasi kandidat, APK dan 2 baliho ucapan hari raya dan satu spanduk.

“Total di Kuta Selatan memang jauh lebih sedikit dari Kuta. Untuk semua baliho dan spanduk yang kita turunkan itu langsung diamankan ke kantor Satpol PP,” terang Suryanegara.

Diakuinya, penurunan baliho dan spanduk yang bertebaran di dua kecamatan tersebut bagian dari upaya untuk menata kawasan. Apalagi, baliho dan spanduk tersebut sudah kadaluwarsa dan tidak diturunkan pemiliknya. Dia berharap, para pemilik baliho dan spanduk tersebut berperan aktif untuk membersihkan berbagai atribut jika sudah lewat masa berlakunya. “Semua atribut itu sudah kadaluwarsa. Selama ini kita tunggu diturunkan, namun tidak ada itikad dari pemiliknya. Makanya saat ini kita gencar melakukan penurunan di seluruh kecamatan di Badung,” katanya.

Sementara data dari Bawaslu Badung, hingga Selasa (6/10), sudah ada 211 baliho sejenisnya terkait dengan sosialisasi kandidat calon di Pilkada badung 2020 yang diturunkan di sejumlah kecamatan. “Penertiban masih berlangsung. Kami bersama-sama Satpol PP Kabupaten Badung masih terus melakukan penyisiran agar semua yang tidak sesuai diturunkan,”  kata Ketua Bawaslu Badung, I Ketut Alis Astasoma, Rabu kemarin. Berdasar catatannya, ada 211 baliho sejenisnya yang telah diturunkan. Terdiri dari satu buah billboard, 179 baliho 15 spanduk, dan 16 bendera. “Rekomendasi kita total ada 387 buah, terdiri dari baliho, spanduk dan yang lain,” ungkap Alit Astasoma. Adapun perinciannya sebagai berikut, Kecamatan Mengwi sebanyak 134 buah, Kecamatan Abiansemal 94 buah, Kecamatan Kuta Selatan 63 buah, Kecamatan Petang 57 buah, Kecamatan Kuta Utara 27 buah, dan Kecamatan Kuta 12 buah.

“Kami bersama jajaran kecamatan hingga desa dan kelurahan terus mendampingi Satpol PP selaku instansi yang berwenang menertibkan sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya. Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, menjelaskan untuk baliho sejenianya paslon bisa dipasang oleh tim paslon maupun pengurus parpol pendukung. Namun, kata dia, jumlahnya sesuai yang ditentukan oleh KPU Badung. *dar, asa

Komentar