nusabali

Kabel Rusak, 17 Pelanggan ‘Besar’ Alami Pemadaman Listrik

  • www.nusabali.com-kabel-rusak-17-pelanggan-besar-alami-pemadaman-listrik

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 17 pelanggan PLN di wilayah Legian, Kecamatan Kuta, Badung mengalami gangguan listrik alias pemadaman pada, Kamis (1/10) malam.

Pemadaman listrik tersebut berlangsung selama satu jam lebih. Penyebab gangguan tersebut dipicu kabel induk milik PLN mengalami kerusakan. Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kuta, Ida Bagus Surya Respati, mengatakan gangguan aliran listrik tersebut terjadi di sepanjang Jalan Melasti Legian, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis pukul 18.00 Wita. Penyebab utamanya karena kabel yang melintang di sepanjang lokasi itu rusak, sehingga tidak bisa mengaliri aliran listrik.

"Gangguan aliran listrik itu dilaporkan oleh masyarakat sekitar yang memang mengalami pemadaman saat itu. Sehingga, tim langsung kita kerahkan ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan," ungkap IB Respati, Jumat (2/10) siang.

Setelah mendapat laporan, tim teknis kemudian mendatangi lokasi dan menyusuri titik kerusakan. Dari pemeriksaan itu, diketahui untuk kerusakan kabel terjadi tepat di depan Hotel Magani Legian. Saat terjadi kerusakan, sebanyak 17 pengguna yang ada di sekitar lokasi mengalami pemadaman listrik.

Terkait waktu pemadaman itu berlangsung selama satu jam penuh dari pukul 18.00 Wita hingga pukul 19.00 Wita. "Kita bertindak cepat setelah adanya laporan itu. Tim yang di lokasi melakukan pemeriksaan menyeluruh kabel yang melintang di lokasi. Kalau soal informasi adanya ledakan gardu itu tidak benar, hanya memang sempat terjadi bunyi yang bersumber dari pemeriksaan kabel menggunakan alat kita. Jadi tidak ada ledakan gardu," terang Respati.

Masih menurut dia, untuk pelanggan yang terkena dampak pemadaman pada Kamis malam itu, sebagian besarnya pelanggan yang dikategorikan besar, yakni hotel, vila dan restoran, karena menggunakan daya di atas 200.000 VA. Namun, setelah dilakukan perbaikan kabel itu, pasokan aliran listrik untuk para pelanggan kembali normal. "Semuanya sudah normal lagi. Gangguan hanya satu jam saja. Untuk penyebab gangguan karena kabelnya sudah berumur. Sudah saatnya dilakukan pergantian," bebernya. *dar

Komentar