nusabali

Tingkatkan Kualitas SDM, BI Gelar Capacity Building 2020

  • www.nusabali.com-tingkatkan-kualitas-sdm-bi-gelar-capacity-building-2020

DENPASAR, NusaBali
Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Bali (KPwBI Bali) ikut membantu mengakselarasi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) mahasiswa.

Salah satunya lewat program Capacity Building Generasi  Muda Baru Indonesia (GenBI) 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu (30/9). Generasi Muda Baru (GenBI) merupakan  wadah penerima beasiswa untuk mengasah berbagai macam kecerdasan, mengoptimalkan berbagai bakat dan potensi kepemimpinan. Untuk tahun 2020 diberikan kepada 225 orang mahasiswa S1 di Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta dua perguruan tinggi swasta yakni Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa.

Kepala BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menyatakan keberhasilan mempersiapkan SDM menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.  Untuk itu diperlukan pendidikan yang mampu menghasilkan putra-putri bangsa yang berkarakter, cerdas, terampil, berdaya juang dan daya saing tinggi serta dilandasi dengan semangat kebangsaan yang kuat. “Sesungguhnya, pembangunan manusia melalui pendidikan menentukan kekuatan serta daya saing bangsa,” ucap Trisno Nugroho.

Dikatakan saat ini salah satu tantangan terbesar penyelenggaraan pendidikan di Indonesia adalah biaya pendidikan yang relatif tinggi. Akibat besarnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia, banyak membuat generasi muda yang berprestasi tidak mampu melanjutkan studi. Sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian akan kondisi tersebut, Bank Indonesia melalui program sosialnya berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan SDM melalui program beasiswa. “ Salah satu wadah pembinaan itu adalah yang diikuti saat ini, yaitu Capacity Building GenBI 2020,” jelasnya.

Seluruh peserta dilatih kemampuan berkomunikasi, strategi menghadapi era normal baru, bagaimana melihat peluang di masa pandemi dan peningkatan kemampuan public speaking. *K17

Komentar