nusabali

Bupati Suwirta Harapkan Warga Pilah Sampah dari Rumah

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-harapkan-warga-pilah-sampah-dari-rumah

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau lokasi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan Pasar Gunaksa di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung pada Senin (28/9).

Bupati menugaskan Perbekel Desa Gunaksa untuk membuat Perdes (peraturan desa) agar sampah di desa dapat dikelola dengan baik.  "Dengan adanya Perdes itu nantinya diharapkan masyarakat dapat memilah sampah dari rumah," ujar Bupati Suwirta, Selasa (29/9). Bupati Suwirta juga berpesan agar masyarakat desa diberikan jadwal pembuangan sampah, agar sampah bisa diambil dengan baik oleh mobil sampah ke TOSS di Desa Gunaksa.

Bupati menambahkan, pendirian TOSS di Desa-Desa adalah untuk memudahkan masyarakat desa dalam mengolah sampah dari sumbernya sesuai Peraturan Gubernur Bali No 47 Tahun 2019, tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, mencakup aturan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Bupati Suwirta mengharapkan agar keberadaan bangunan pasar bisa dimanfaatkan sehingga dapat membuat perputaran ekonomi di Desa Gunaksa semakin baik. Perangkat desa juga diharapkan agar aktif dalam mengedukasi masyarakat dan menginformasikan program di desa. “Masyarakat Klungkung dapat memberikan masukan-masukan dan mari ikut berproses dalam membangun agar Klungkung menjadi kabupaten yang sejahtera bersama dengan pihak pemerintah dan pihak swasta,” ujar Bupati Suwirta.

Perwakilan PT Indonesia Power F Erwin Putranto menyampaikan PT Indonesia Power akan mensupport TOSS Gunaksa dari bidang alat pengoperasian. "Mari bersama-sama kita kawal proses hulu ke hilir di TOSS Gunaksa," ujarnya. Dalam peninjauan itu, Bupati Suwirta  didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Anak Agung Kirana dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa. *wan

Komentar